Kriminal

Sehari, 8 Terduga Sabu Ditangkap

*Tiga Nelayan, Dua Penjual Ikan, Tukang Ojek, Penjual Pot Hingga Sopir Morawali

PALOPO — Kasus penyalahgunaan narkotika kian menjadi-jadi di Kota Palopo. Terbukti, alam sehari, Sat Narkoba Polres berhasil menangkap delapan orang terduga sabu-sabu. Penangkapan berlangsung di sejumlah tempat kejadian perkara (TKP), Kamis 13 Juni 2019 malam lalu.

Pada kasus pertama petugas mengamankan tiga orang nelayan dan satu penjual ikan. Nelayan yang dimaksud adalah Jumardin Alias Iwan (23), warga Jl Yosudarso, Kelurahan pontap Kecamatan Wara Timur, Egi Prayoga Alias Egi (24), warga Jl Sungai Carekang, Kelurahan Penggoli, Kecamatan Wara Utara, Hamzah Alias Anca (37), warga Jl Andi Tadda, Kelurahan Ponjalae, Kecamatan Wara Timur, dan seorang penjual ikan bernama Andika Alias Andi (28), warga Jl Datuk Sulaiman, Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur.

Kasat Narkoba Polres Palopo AKP Zainuddin SE melalui Kaur Bin Ops Narkoba Polres Palopo, Ipda Abdianto S.Sos mengatakan sekitar pukul 23.30 Wita, setelah mendapat informasi dari masyarakat, timnya kemudian bergerak melakukan penyelidikan dengan cara under cover buy atau penyamaran.

Alhasil penangkapan diawali di Jl Sungai Rongkong. Saat itu petugas berpura-pura membeli sabu dari Jumardin. Ketika Jumardi menyerahkan sabu yang dijual, saat itu juga petugas menangkapnya dengan barang bukti dua sachet sabu. Selanjutnya tim melakukan interogasi dan Jumardin mengaku mendapatkan sabu dengan cara dibeli dari Egi Prayoga seharga Rp500 ribu. Petugas kemudian bergerak melacak keberadaan Egi Prayoga dan berhasil melakukan penangkapan di Jl Andi Tadda, tepatnya di rumah seorang terduga Hamza Alias Anca. Di rumah tersebut, saat petugas melakukan penggeledahan ditemukan 1 sachet sabu.

Tak sampai disitu, petugas terus melakukan pengembangan hingga Hamza Alias Anca mengaku bahwa sabu miiliknya itu diperoleh dari Andika alias Andi dengan cara dibeli seharga Rp200 ribu. Selanjutnya petugas mencari Andika dan menangkapnya di rumahnya Jl Datuk Sulaiman Palopo.

Hasil penggeledahan petugas menemukan 1 sachet sabu dan uang tunai senilai Rp8 juta. Dari pengakuan Hamza, hasil penjualan sabu nantinya akan diserahkan kepada IDR yang masih buron. “Mereka yang ditangkap sedang menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Sat Narkoba Polres Palopo. Selanjutnya barang bukti dijadikan bukti untuk bahan penyelidikan dan pengembangan kasus,” tegasnya Abdianto.

Penangkapan Lagi

Terlepas dari penangkapan Hamza berteman. Pada malam itu petugas juga menangkap empat terduga lainnya. Yakni Tahir (38), tukang ojek, warga Jl. Tendriajeng, Kelurahan Surutanga, Kecamatan Wara Timur, Kaharuddin Alias Bapak Satria (31), penjual ikan, warga Jl Andi Tadda, Kelurahan Ponjalae, Kecamatan Wara Timur. Andi Gau Alias Angga (44), penjual pot bunga, warga Jl Belimbing, Kelurahan Dangerakko Kecamatan Wara, dan Musliadi Alias Adi (41), sopir mobil rute Morowali, warga Kecamatan Lilirilao, Kabupaten Soppeng, Sulawesi-Selatan.

Kronologi penangkapan, pada Kamis 13 Juni 2019 sekitar pukul 23.30 Wita, Tim Opsnal Narkoba yang dipimpin Kaur Bin Ops Narkoba Polres Palopo, Ipda Abdianto melakukan penyelidikan setelah mendapat informasi dari masyarakat. Alhasil Tahir ditangkap di rumahnya dengan sabu yang masih berada dalam pirex yang siap dikonsumsi bersama temannya.

Selanjutnya, dari keterangan Tahir bahwa sabu itu adalah pemberian terduga Adi, sopir mobil Morowali tepatnya tanggal 14 Juni. Kasus ini terus dikembangkan sampai akhirnya petugas menangkap Kaharuddin dan Gau. “Semua barang buktinya sudah diamankan. Namun demikian pengembangan masih terus dilakukan untuk membongkar jaringan narkoba di wilayah hukum Polres Palopo. Dalam sehari ini, polisi berhasil menangkap depan orang dengan dua kasus dan enam lokasi penangkapan,” tandas Abdianto. (him)

Identitas Terduga

1. JUMARDING Alias IWAN
Pekerjaan Nelayan, Warga Jalan. Yosudarso

2. EGI PRAYOGA Alias EGI
Pekerjaan Nelayan, Warga Jalan Sungai Carekang

3. HAMSAH Alias ANCA
Pekerjaan Nelayan, Warga Jalan Andi Tadda

4. ANDIKA Alias ANDI
Pekerjaan Penjual Ikan, Warga Jalan Datuk Sulaiman

5. TAHIR
Tukang Ojek, Warga Jalan Tendriajeng
6. A. KAHARUDDIN Alias BAPAK SATRIA
Penjual Ikan, Warga Jalan Andi Tadda

7. ANDI GAU Alias ANGGA
Penjual Pot Bunga, Warga Jalan Belimbing
8. MUSLIADI Alias ADI
Sopir Mobil Morowali, Warga Soppeng

Barang Bukti

1 (satu) sachet plastik yang berisikan sabu.
1 (satu) buah jarum sumbu.

1 (satu) sendok shabu

1 (satu) batang kaca pirex

1 (satu) set bong

1 (satu) buah Korek Api gas warna biru

1 (satu) unit handphone merek Mito warna putih

dan Uang tunai Rp8 juta

Click to comment

Most Popular

To Top