Metro

Bawaslu Jawab Tuntutan Warga

-Terkait Desakan PSU Pileg

PALOPO-Bawaslu Kota Palopo menegaskan jika langkah yang telah ia lakukan dalam pelaksanaan PSU Pemilu di beberapa TPS di Kota Palopo sebelumnya sudah benar. Bawaslu Palopo, baru-baru ini didatangi sejumlah warga mempertanyakan terkait Bawaslu tidak mengeluarkan rekomendasi untuk dilakukan PSU beberapa TPS lainnya. Mereka kecewa terhadap keputusan sidang Bawaslu terkait dengan adanya dugaan pelanggaran Pemilu yang ada di TPS 10 Ammasangan dan TPS 04 Tompotikka yang hanya memberikan sanksi tertulis kepada KPPS.

Ia meminta harusnya pihak Bawaslu memberikan rekomendasi PSU pada dua TPS tersebut karena telah terjadi penggunaan C-6 orang lain yang sudah terbukti adanya kesalahan yang dilakukan oleh KPPS dengan membiarkan pemilih menyalahgunakan surat panggilan memilih.
Ketua Bawaslu Palopo, Asbudi Dwi Saputra mengatakan jika langkah ia lakukan dalam proses pemilu 2019 sudah tepat. Bahkan ia menyampaikan bahwa

untuk TPS 04 Tompotikka dan TPS 10 Amassangan Bawaslu Kota Palopo tidak mengeluarkan rekomendasi untuk dilakukannya PSU. “Perlu kami pertegas karena kejadian atau kasusnya tidak masuk dalam kategori syarat untuk PSU sebagaimana diatur dalam pasal 372 ayat 2 Undang2 7 Tahun 2017. Jadi tidak ada dasar hukum kami untuk mengeluarkan rekomendasi PSU,” terang Asbudi siang kemarin. (rul)

Click to comment

Most Popular

To Top