Kriminal

Pengedar Divonis 5 Tahun, Denda Rp1 M

*Barbuk 1 Sachet Sabu Dikemas Dalam Minuman Bubuk

PALOPO — Setelah menjalani serangkaian agenda sidang, Sulkifli Alias Aceng akhirnya dijatuhi vonis 5 tahun penjara, plus denda Rp1 miliar. Terdakwa mengikuti sidang tersebut didampingi penasehat hukumannya, Sulkifli M SH di ruang sidang Kusumah Atmadja Pengadilan Negeri (PN) Palopo, Rabu 19 Juni 2019.

Dalam sidang putusan tersebut, Majelis Hakim yang diketuai, Erwino M Amahorseja SH dengan Hakim Anggota masing-masing, Heri Kusmanto SH dan Mahir Sikki ZA SH memvonis terdakwa yang merupakan pengedar dengan menggunakan sachet minuman bubuk dengan hukuman penjara selama 5 tahun. Putusan ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Palopo, Erlysa Said SH yakni 7 tahun.

“Terdakwa Sulkifli terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan penyalahgunaan narkotika sebagaimana yang diatur dalam pasal 114 ayat 1 UU No. 35 tahun 2009, dengan itu menjatuhi hukuman kepadanya selama 5 tahun,” kata Erwino ssat persidangan.

Selain hukuman penjara yang diberikan, Sulkifli juga dikenakan denda sebesar Rp1 Miliar. Kalau hukuman tersebut tidak dibayar, maka akan digantikan dengan hukuman penjara selama 3 bulan. “Adapun barang bukti yang ditetapkan yaitu, 1 sachet sabu jenis kristal bening, 1 bungkus minuman sachet merk jasjus orange, dan 1 Hp merk Hammer warna putih beserta kartu GSM,” tambah Erwino.

Telah diberitakan sebelumnya, Terdakwa Sulkifli terseret ke PN Palopo lantaran dirinya terlibat jaringan narkoba Darmawansyah, terpidana bandar narkoba yang telah divonis selama 5 tahun. Hal tersebut berawal dari seorang yang memesan sabu kepada terdakwa Sulkifli sebanyak 1 sachet.

Awal kronologisnya, 7 Februari 2019 terdakwa dihubungi seseorang yang mengaku bernama Herman memesan 1 sachet sabu, kemudian terdakwa mengatakan tunggu sebentar, lalu terdakwa menelpon Darmawansya dan meminta 1 sacget sabu untuk dijual kepada Herman.
Selanjutnya, setelah menerima 1 sachet sabu dari Darmawansya, di Jl. Andi Kambo Kelurahan Surutanga, terdakwa dibekuk oleh anggota Sat Narkoba Polres Palopo karena ingin mencoba melakukan transaksi kepada seseorang yang telah memesan sabu tersebut. Saat dilakukan penggeledahan, ditemukan barang bukti (barbuk) sebanyak 1 sachet plastik kristal bening di dalam kemasan minuman bubuk Jasjus yang diletakkan di dalam sepatu terdakwa. (ali/him)

Click to comment

Most Popular

To Top