Toraja

Angka Pengangguran di Torut Capai 3.144

Joni Matasik

RANTEPAO — Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Toraja Utara Joni Matasik angkat bicara terkait jumlah pengangguran di Toraja Utara, tahun 2018 sebanyak 3.144 orang dan jumlah angkatan kerja sebanyak 109.007. Sementara untuk data statistik Tahun 2019 penghitungan angka pengangguran tersebut masih sementara dalam proses penghitungan dan pengumpulan data.

Kepala Badan Pusat Statistik Joni Matasik kepada Palopo pos ,Rabu ,10 Juli 2019 katakan bahwa untuk data statistik angka tak perna bekerja (Never Worked) / perna bekerja (Ever Worked) bulan Juli hinggah Agustus adalah pelaksanaan lapangan ,Mungkin bulan September atau Oktober datanya sudah ada.

“Memang dalam satu tahun itu kami melaksanakan survey angkatan kerja nasional (AKN) dari Bulan Februari sampai bulan Agustus ,karena bulan Juli ini kami akan ada pelatihan petugas-petugas baru kita turunkan ke lapangan untuk mendata warga masyarakat Toraja Utara di Lembang dan Kelurahan dari 21 Kecamatan.Terang Joni Matasik, Rabu, 10 Juli 2019.

Lanjut Kepala BPS Toraja Utara ini katakan yang akan mengikuti pelatihan nantinya itu ada dari Organik BPS dan Mitra BPS yang selama ini banyak membantu kami BPS ,mitra kami itu hasil dari rekomendasi dari Lembang (Desa), kelurahan dan pemerintah setempat.

“Untuk survei nantinya tidak butuh tenaga yang banyak oleh karena ini kami seleksi mana mitra yang perna kani pake itu yang kami usulkan untuk petugas data ke Lembang dan Kelurahan ,dan itu mereka dilatih dulu minimal selama tiga hari untuk efektivitas dilatih sebelum kelapangan, ” imbuh Joni Matasik.

Sekalipun Kegiatan pendataan diulang setiap tahun yang dilakukan dua kali ,tapi sebelum kelapangan harus dilatih dulu , pendataan nantinya bersifat sampel atau, survei tidak sensus karena kalau sensus semua rumah tangga didatangi.

“Ada yang sudah ditentukan dari pusat sampel ini yang kena ,blok sensus mana kena itu yang didatangi petugas ,dan jumlah petugas sebanyak 35 orang, kalau data di bulan Februari itu kecil karena data nasional ,kalau untuk pendataan di bulan Agustus ini skop agak besar ,dan proyeksinya sampai Kabupaten, ” ujar mantan Kepala BPS Masamba ini.

Berikut data Statistik dan persen BPS Toraja Utara di tahun 2019, jumlah angkatan kerja 109.007, pernah bekerja 727, tidak pernah bekerja 2.417, yang sekolah 17.023, mengurus rumah tangga 14.539, lainnya 11.117, jumlah total 151.686, persen terhadap angkatan kerja 97,12 %, persen tingkat pengangguran terbuka (TPT) 2,88 %, dan persen angkatan kerja terhadap penduduk usia kerja 71,86 %.

Sementara Kepala seksi Pembinaan penempatan tenaga kerja Disnaker Toraja Utara, Anna Pambajeng,WR saat dikunjungi kantornya katakan bahwa hingga kini, Rabu, 10 Juli 2019 yang membuat kartu pencari kerja saat ini berjumlah 878 pencaker, dan dari jumlah pencaker ini 600 orang yang ke Morowali, dan sisanya ada yang lolos PNS, ke Kalimantan dan Papua.

“Kami berharap kepada pencaker apabila sudah bekerja supaya melapor ke Disnaker Toraja Utara, supaya laporan kami ke pusat tidak nihil-nihil terus. Padahal ada pencaker yang sudah diterima bekerja tapi mereka tidak melapor ke Disnaker, hingga saat ini yang sudah bekerja tetapi tidak melapor kembali ke Disnaker, karena tidak melapor kami tidak masukkan ke data,” tutup Kasi Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Disnaker Toraja Utara) Anna Pambajeng. (alb/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top