Utama

DAK 2019 untuk Penuhi 6 SPM

PALOPO — Pemda se-Luwu Raya telah menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019. Jumlahnya bervariasi, rinciannya, untuk Kota Palopo mendapat Rp123.270.534.000, Kabupaten Luwu Rp190.087.987.000, Kabupaten Luwu Utara Rp126.503.676.000, dan Kabupaten Luwu Timur mencapai Rp89.761.291.000.

Khusus di Kota Palopo, DAK tersebut diperuntukkan untuk memenuhi enam Standar Pelayanan Minimal (SPM). Yakni, bidang pendidikan, kesehatan dan KB, perumahan dan pemukiman, industri kecil dan menengah, pertanian dan perikanan, serta pariwisata.

Dikatakan Kepala Bidang Perencanaan Makro Bappeda Kota Palopo, Henri, DAK yang diterima awalnya Rp123 miliar, namun setelah mengalami rasionalisasi jumlahnya berkurang menjadi Rp121 miliar.

Jumlah anggaran DAK itu kemudian akan dibagi pada 11 perangkat daerah untuk pembangunan fisik. Dijelaskannya, seperti di bidang pendidikan, kata Henri, akan digunakan pembangunan ruang kelas baru, serta rehabilitasi. Di bidang kesehatan, untukpembangunan RSUD Tipe C Dr Palemmai Tandi, pengadaan obat, dan pengembangan RSUD Sawerigading berupa pengadaan alat kesehatan.

Selanjutnya, di bidang PU, akan dilakukan peningkatan dan pelebaran jalan, pembangunan sanitasi, dan perpipaan air minum. “Itu sudah termasuk pelebaran, pengasapalan ulang, dan pemeliharaan jalan dalam kota,” ujarnya kepada Palopo Pos saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 10 Juli 2019.

Lalu di bidang perumahan dan pemukiman, akan dilakukan pembangunan dan rehabilitasi rumah warga kurang mampu melalui program bedag rumah. Di bidang pariwisata, akan dilakukan pembangunan tempat wisata Batu Papan, terus di bidang lingkungan hidup akan dilakukan pengadaan dump truck. Di bidang pertanian akan dibangun irigasi sekunder, dan sejumlah embung.

Di bidang perikanan untuk pengadaan kapal penangkap ikan kapasitas 3 GT sebanyak 1 paket. Terus di bidang perpustakaan akan dilakukan pemeliharaan gedung, di bidang pengendalian penduduk dan KB akan dilakukan pembangunan balai penyuluhan KB.
“Intinya DAK ini untuk pemenuhan hak dasar masyarakat melalui enam SPM,” pungkasnya.(idr)

Click to comment

Most Popular

To Top