Metro

Perencanaan PD Masih Lemah

*Dari LPKj APBD Wali Kota Palopo 2018

TOMPOTIKKA — Ranperda Laporan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Palopo untuk 2018 telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (perda).

Namun ada beberapa item yang menjadi auto kritik dari anggota DPRD Palopo untuk dilakukan perbaikan kepada Perangkat Daerah (PD).
Fraksi PDIP misalnya. Sebagaimana dalam pandangan fraksi mereka memuat beberapa item penting yang menjadi bahan evaluasi. Masih lemahnya perencanaan PD sehingga apapun alasannya harus mendapatkan teguran terhadap PD yang terdapat Silpa bersangkutan.

“Harapannya sehingga tahun-tahun mendatang hal seperti ini tidak akan terjadi lagi,” tegas Ketua Fraksi PDIP, Alfri Jamil, Rabu 10 Juli 2019.
Selanjutnya, perlunya inovasi dan kreatifitas bagi bagi kepala daerah bagaimana harus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui berbagai sektor.

“Sehingga Wali Kota perlu meningkatkan usahanya agar supaya PAD dapat meningkat,” katanya.
Tak hanya itu, sejauh ini pelaksanaaan APBD 2018 belum berjalan optimal dari aspek pencapaian target kinerja maupun dampak yang dihasilkan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat.

“Untuk itu sangat diperlukan keterlibatan para pemangku-pemangku kepentingan untuk mengawal setiap proses dan tahapan mulai dari perencanaan penganggaran, pelaksanaan pengawasan, penatausahaan, dan pertanggungjawaban untuk mengatasi kelemahan tersebut,” ungkap Legislator PDIP ini.

Tak lupa Alfri menyampaikan apresiasi atas prestasi Pemkot Palopo dalam pengelolaan keuangan yang menghasilkan WTP tahun anggaran 2018.
“Harapan kita hal seperti ini dapat ditingkatkan. Ini bukti juga kalau pengelolaan keuangan kita selama ini cukup baik,” terangnya. (rul/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top