Utama

Satu Keluarga Tewas, Digilas Mobil 14 Roda

* Pembawa BBM 24 Ribu Liter di Jl Ahmad Razak

PALOPO — Peristiwa kecelakaan maut terjadi, Selasa 23 Juli 2019, kemarin di Jl. Ahmad Razak sekira pukul 09:00 Wita. Kecelakaan itu mengakibatkan tiga nyawa melayang. Diketahui ketiganya adanya satu keluarga, yang terdiri atas suami, istri, dan anak.

Kecelakaan melibatkan sepeda motor dengan mobil tangki pembawa BBM milik perusahaan PT. Elnusa Petrofin selaku penyedia distribusi BBM dari TBBM Palopo, Karang-karangan ke sejumlah SPBU di Luwu Raya dan Toraja.

Identitas ketiga korban belakangan diketahui bernama Aprietno M (26) selaku suami, asal lingkungan Padang Cendrana, Padang Sappa, Kec. Ponrang, Kab. Luwu. Sedangkan istrinya bernama Fenny Alik (26), asal Palopo, di Jl Bangau, Kelurahan Temmalebba, Kec. Bara. Sedangkan anaknya bernama Queensyvaleria Maripadang (2).

Dari penuturan Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Abd Rahman S.Sos di lokasi kejadian mengenai kronologis lakalantas, berdasarkan olah TKP dan keterangan dari sejumlah saksi di TKP, bermula sepeda motor Honda Vario hitam bernopol DP 2652 UC yang dikemudikan Aprietno melaju dari arah Jalan Andi Djemma belok kiri menuju Jalan Ahmad Razak. Di depan, sudah ada mobil tangki 14 roda pengangkut BBM warna merah putih dengan nopol DD 8887 XA yang dikemudikan Abd Rahman (49) warga Perumahan DEA Permai, Balandai, juga melaju searah dalam keadaan sedang yang membawa 24.000 liter BBM.

Sekira berjarak 500 meter dari saat berbelok dari Jl Andi Djemma, tepatnya di depan lorong Kampus ATIK Dewantara, motor yang dikemudikan Aprietno mendahului mobil tangki dari sisi kanan. Dari arah berlawanan datang kendaraan roda empat yang dalam keadaan melaju sedang.

Karena jarak motor dengan mobil roda empat tersebut sudah dekat, pemotor lalu mencoba untuk mengambil sisi kiri, namun, bagian kiri motor tersangkut pada besi pengaman mobil tangki yang ada di samping mobil. Akhirnya, pengendara motor bersama istri dan anaknya terjatuh dan terseret masuk ke bawah mobil tangki, dan tergilas.

“Posisi istri dan anak itu di bawah mobil tergilas, sedangkan suaminya agak diluar dekat ban,” kata Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Abd Rahman, Selasa 23 Juli 2019.
Untuk itu, lanjut Kasat, meminta setiap pengendara motor dan mobil agar senantiasa berhati-hati di jalan. Tunggu sampai aman baru mendahului.

Foto Keluarga yang Tewas Digilas Mobil 14 Roda, Semasa Hidupnya.

Saat kejadian, korban yang sudah tergeletak di jalan, kemudian ditolong warga sekitar dan pengendara yang melintas. Korban lalu dibawa ke RSUD Sawerigading.
Saat kejadian, korban sedang membawa karung, dan kantong kresek hijau yang berisi ikan yang diletakkan di depan tempat kaki motor tersebut.

Sementara itu, Uci, salah satu saksi di lokasi yang menyaksikan langsung kejadian melihat, mobil tangki dan pemotor sama-sama dari arah RS Mega Buana menuju ke Jl Ahmad Razak. “Yang pemotor ini mau melambung tetapi terjatuh, dan masuk ke bawah mobil tangki. Pecah kepalanya kodong anak, dan ibu,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Jasa Raharja Kota Palopo, Roy Januar yang juga ada di lokasi menuturkan, korban kecelakaan ini mendapat santunan dari Jasa Raharja. “Suami dan istri dapat santunan masing-masing Rp50 juta, sedangkan anaknya ini hanya dapat santunan biaya penguburan Rp4 juta. Dimana santunan ini harus diterima langsung ahli waris korban. Baik itu ibu atau bapak korban,” sebutnya.

Hingga kini, sopir mobil tangki Abd Rahman (49) diamankan di Polres Palopo untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan mobil tangki dan motor korban disimpan di Pos Lantas Polres Palopo di Jl Kelapa.
Kepala Depot Pertamina Palopo di Karang-karangan menyampaikan belasungkawa. Dirinya berjanji akan ikut membantu keluarga korban. “Kasus ini masih dalam proses penahanan di Polres Palopo.

Selanjutnya nanti kami serahkan ke pihak PT Elnusa Petrofin selaku transportir yang menghandel angkutan MT tersebut. Namun demikian, pihak kami Pertamina tidak akan lepas tangan, tetap akan membantu keluarga korban,” kuncinya. (idr)

KETERANGAN GAMBAR:

EVAKUASI. Personel Sat Lantas Polres Palopo mengevakuasi anak korban laka maut di Jl Ahmad Razak, kemarin pagi. Tiga orang tewas dalam kejadian ini antara motor versus mobil tangki pembawa BBM. 

Click to comment
To Top