FEMALE

Jadi yang Terbaik se-Sulsel

Salmah Tayyib SKM, M.Kes
Kapus PKM Mungkajang

Dinobatkan sebagai puskesmas dengan kinerja terbaik dalam pengelolaan penyakit Malaria se-Sulsel 2019, membuat Puskesmas Mungkajang tak besar hati. Justru sebagai cambuk motivasi agar bisa ke tingkat nasional.

Kepala Puskesmas Mungkajang, Salmah Tayyib SKM, M.Kes mengungkapkan, sejumlah keberhasilan inovasi yang diukir selama memimpin dua tahun di sana.

Seperti Mata Air Kendekan (penyaringan air sederhana), dimana ada setiap rumah warga. Lalu, ada Banua Tabaro (Rumah Tanpa Asbak Rokok), terus, Pea Epik (Pendamping Asi Esklusif Pada Ibu Hamil), Postandu Empati (Pos Tanggap Darurat di Tempat Wisata Kambo).

“Jadi kamu di PKM Mungkajang sudah ada MoU dengan pengelola wisata Kambo dalam hal penanganan kesehatan. Bahkan jika terjadi sesuatu pada pengunjung atau pengelola, tim medis dari PKM Mungkajang akan terjun ke sana,” ujarnya saat ditemui Palopo Pos, Kamis 1 Agustus 2019, lalu.

Inovasi lainnya adalah Siput (Steching di tempat bagi pegawai dan pengunjung puskesmas setiap pukul 10:00 Wita). Biasalah (Pembinaan wisata sehat di Kawasan Latuppa), dengan melibatkan pemuda di atas, pengunjung objek wisata diedukasi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, serta sesekali melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pengunjung yang diinisiasi Karang Taruna di Latuppa.

Selanjutnya, inovasi Tobat Aku (Terapi pengobatan akupressure), Suke (Sosialisasi penyuluhan kesehatan), Tudang Karueng To’Matambuk (Pelaksanaan kelas ibu hamil dilaksanakan sore), dan LIFE (Layanan informasi di setiap ruangan).

Dengan inovasi di atas, pelayanan kesehatan, dan pencegahan bisa tercakupi.
Terkait dengan pengelolaan penyakit Malaria yang mengantarkan terbaik se-Sulsel, dijelaskan Salmah, kalau penderita Malaria di wilayah kerjanya memang ada diderita warga, tetapi dalam jumlah sedikit. “Ada itu di daerah Siguntu, diatasnya Latuppa. Kami rutin ke atas untuk melakukan kunjungan pemeriksaan ke pasien Malaria,” ujarnya.

Adapun sejumlah prestasi yang berhasil ditorehkan Puskesmas Mungkajang diantaranya meraih mendapat sertifikat Terakrediatasi Madya di tahun 2016, lalu, dan kini sedang menunggu hasil dari reakreditasi Juni 2019, serta Juara Harapan 2 sebagai PKM berprestasi lingkup Kota Palopo tahun 2018.(idr)

DATA DIRI

Nama : Salmah Tayyib SKM, M.Kes
TTL : Enrekang, 22 Februari 1984
Suami : Abd. Rauf Halking, S.Kom

Pendidikan : – TK. Aisyiah Palopo (1990)
– SDN 274 Mattirowalie (1996)
– MTs Neg. Model Palopo (1999)
– SMU Neg. 3 Palopo (2002)
– S1 FKM Unhas Makassar (2002-2006)
– S2 FKM Unhas Makassar (2010-2012)
Karir : – Staf Sukarela di Dinkes Kolaka Utara (2007)
– Staf Sukarela di PKM Bua, Luwu (2007)
– CPNS Dinkes Kota Palopo (2008)
– PNS di PKM Benteng (2009-2013)
– Staf Dinkes Kota Palopo (2013-2014)
– KTU PKM Benteng (Des 2014-Des 2016)
– Kapus Mungkajang (Jan 2017-Sekarang)



Click to comment

Most Popular

To Top