Luwu

290 Pendaki Tapaki Jalur Timur Latimojong  

* Ini Alasan Arham Ikut Mendaki Latimojong 

BELOPA—Dipusatkan di lapangan Andi Djemma Belopa, Senin (13/8) Bupati Luwu H Basmin Mattayang, melepas 290  peserta pendakian pegunungan Latimojong jalur timur Tolajuk-Rantemario. Salah satu peserta yang ikut ambil bagian adalah H Andi Arham Basmin, putra Bupati Luwu H Basmin Mattayang.

Kepada Harian Palopo Pos Arham Basmin sebelum dilepas menuju Desa tolajuk kecamatan Latimojong, mengungkapkan, keikutsertaan dirinya mengikuti pendakian pegunungan Latimojong jalur Timur Tolajuk-Rantemario, yakni ingin memberi motivasi kepada segenap pendaki pemula, bahwa jalur timur pendakian Latimojong sangat ramah sekaligus menantang.

” Tujuan utama saya mengikuti langsung kegiatan pendakian pegunungan Latimojong Jalur timur, saya juga ingin memberi motivasi kepada para pemula pendaki gunung, jalur Timur Tolajuk-Rantemario ini sangat ramah. Apalagi wilayah Latimojong dan pegunungan latimojong ini adalah wilayah administratif kabupaten Luwu, ” Ungkap Arham.

Arham mengatakan, alasan lain keikut sertaan dirinya di jalur Timur Latimojong ini, yang melibatkan sekitar 290 pencinta alam ini bertujuan membantu Pemerintah Kabupaten Luwu untuk mengexplore potensi pariwisata di Kabupaten Luwu.

” Pegunungan Latimojong dengan puncak tertingginya ‘Rante Mario’ (3478 mdpl), merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi (Seven Summit) Indonesia. Saya kira ini bisa dijadikan pelecut untuk pengembangan sektor pariwisata, ” Ungkap Arham.

Arham, yang mendukung penuh pembukaan jalur timur yang digagas Fadly Bahari, seorang penggiat alam bebas sekaligus penikmat sejarah dan penulis, bersama puluhan pegiat alam Aktivitas Anak Rimba (AKAR) Indonesia Juli lalu ini mengatakan, jika para pendaki sukses melaksanakan kegiatan ini, sangat diharapkan Pemkab Luwu dapat membuka akses jalur timur ini, salah satunya membuka pintu gerbang dan titik-titik yang menjadi pos persinggahan para pendaki untuk mencapai puncak Rantemario.

“Potensi Jalur Timur Latimojong” sangat bagus. Bahkan ini bisa jadi objek wisata petualangan, penelitian dan konservasi. Menurut sahabat saya Fadly Bahari yang sudah membuka jalur ini, disini kita masih bisa menemukan beberapa flora dan fauna endemik, ini ditandai dengan adanya jejak Anoa gunung.  Pada selepas Buntu Katapu, memasuki ketinggian 3000 Mdpl, pepohonan kerdil cantigi yang merupakan tumbuhan khas dataran tinggi mulai nampak menghiasi sepanjang perjalanan, ” Kata Arham.

Bupati Luwu H Basmin Mattayang mengatakan, dirinya memberi apresiasi kepada para pendaki yang akan menamapki pegunungan Latimojong melalui jalur timur Tolajuk-Rante Mario.

” Pegunungan Latimojong ini adalah pegunungan tertinggi di Sulawesi Selatan dan salah satu dari tujuh puncak tertinggi (Seven Summit) Indonesia. Saya aprersiasi jiwa muda dan semangat kalian, dan semoga bisa menaklukkan puncak Latimojong dari wilayah Kabupaten Luwu. Jika kalian berhasil, saya berjanji akan membuka akses ini dengan membangunkan pintu gerbang dan pos-posnya, ” Kata Basmin Mattayang, dan langsung melepas peserta dengan membelah kelapa muda dan mengibarkan bendera merah putih. (and)

Click to comment

Most Popular

To Top