Utama

Jenderal Marga Bikin Bangga Tana Luwu

* Datu Luwu Beri Gelar Pekkeng To Rirennuang ri Luwu

PALOPO — Pangdam XVI Pattimura, Mayor Jenderal TNI Dr Marga Taufiq SH MH, menjadi tokoh ke-9 yang mendapat gelar dari Kedatuan Luwu. Jasa, dan prestasinya membuat bangga Wija To Luwu selama berkiprah di dalam, dan luar negeri, menjadi alasan Datu Luwu memberikan gelar adat tersebut.

Gelar adat diberikan Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau SH di Istana Kedatuan Luwu, Senin siang 12 Agustus 2019, setelah rapat bersama 12 anak suku Kedatuan Luwu. Pemberian gelar disaksikan sejumlah kepala daerah, dan forkopimda se-Luwu Raya, dan Toraja, tokoh adat Kedatuan Luwu, dan warga Kota Palopo.

Adapun gelar yang diberikan untuk Jenderal Marga adalah “Pekkeng To Rirennuang Ri Luwu” yang berarti ‘Prajurit Harapan Orang Luwu.’
Prosesi pemberian gelar adat itu dilaksanakan mulai pukul 14.30 wita, dan berakhir pukul 17:00 Wita.

Sebelum memulai pemberian gelar, Datu Luwu terlebih dahulu menyematkan pin Kedatuan Luwu kepada mantan Dandim Sawerigading tersebut bersama istrinya Ny Arinda. Sebagaimana diketahui, Jenderal Marga pernah menjabat sebagai Dandim 1403 Sawerigading pada tahun 2004–2006, lalu.

Pembacaan gelar adat dibacakan Jemmatongang Kedatuan Luwu, Andi Sana Kaddiraja di hadapan Datu Luwu dan permaisuri. Usai prosesi tersebut, Marga mangatakan bahwa kehadirannya di Istana Datu Luwu wujud tanggung jawabnya sebagai seorang putra asli Luwu.

“Insya Allah, saya terima tanggung jawab yang diberikan ini,” kata Marga. Ia berharap, orang Luwu dapat berjalan bersama. “Ke depan, kita semua, orang Luwu, harus bisa berjalan bersama, membawa Luwu ini menjadi lebih baik lagi,” tegasnya.

Jenderal Marga yang mengenakan pakaian adat Kedatuan Luwu warna coklat muda dengan sarung hitam corak merah dan silver mengungkapkan, dirinya berasal dari Larompong. Sementara, ibu berasal dari Toraja, yakni Tongkonan To’Barana, Sa’dan.

Sesekali ia meneteskan air mata saat ia menceritakan pilihannya bergabung dalam kesatuan TNI atas restu bapaknya yang dimulai di Timor-timur, dan saat ini menjadi Pangdam XVI Pattimura.

Jenderal Marga menyebutkan pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 1403 Sawerigading. Karirnya menajak, dan mengisi posisi strategis pada jabatan strategis di TNI AD. Pernah bertugas di luar negeri. Seperti di Malaysia, Pakistan, Rusia, Jepang, Singapura, dan Korsel.

Pelbagai bintang penghargaan juga pernah diraihnya. Seperti, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana GOM IX/Raksaka Dharma, Satya Lencana Seroja I, Satya Lencana Seroja II, Satya Lencana PBB UNMOT,
Satya Lencana Shanti Dharma, dan Bintang K.E.P. Naraya.

Saat menjabat Dandim 1403 Sawerigading dulunya, Mayjen TNI Marga Taufiq juga berhasil membawa prestasi di bidang olah raga bagi Kota Palopo. Yakni, membawa Gaspa Palopo menembus Divisi 1.

Dengan karir yang yang ada, ia menyebutkan telah memecahkan mitos tak ada orang Luwu jadi Pangdam. ”Saya sudah memecahkan mitos sebagai orang Luwu pertama yang menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam), dan juga memecahkan mitos selama ini bahwa tidak ada orang Luwu yang akan menjadi Pangdam,” ujarnya.

Gelar yang diberikan oleh kedatuan Luwu ini merupakan yang ke 9 setelah Pangdam Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, Amien Rais, Akbar tanjung, Puan Maharani, Megawati Soekarnoputri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Alm Ani Yudhoyono, mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, dan terakhir Mayjen TNI Dr Marga Taufiq.

Sementara itu, Wali Kota Palopo, HM Judas Amir dalam sambutannya mengatakan, prosesi ini merekatkan wija to luwu dimana hampir semua tokoh hadir. “Ini menjadi pemersatu orang luwu, semua hadir,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Torut, Kalatiku Paembonan, Wawali Palopo Rahmat M Bandaso, Wabup Luwu Syukur Bijak, Wabup Lutra Muh Thahar Rum, Kapolres Palopo AKBP Ardiansyah dan istri, Dandim 1403 SWG Letkol Inf M Imasfy bersama istri, Kajari Palopo Nur Yalamlan Cayana, dan sejumlah pejabat lainnya yang hadir. (ald/idr)

KETERANGAN GAMBAR:
Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Dr Marga Taufiq SH MH saat pengukuhan gelar dari Kedatuan Luwu sebagai ‘Pekkeng To Rirennuang ri Luwu’ di Istana Luwu, Senin 12 Juli 2019. Prosesi pengukuhan ini dilakukan secara adat. –aldy/palopopos–



Click to comment
To Top