Metro

Lomba HUT RI Pemkot Mulai Digelar, Hari Ini

PATTENE — Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74, Pemkot Palopo menggelar sejumlah kegiatan lomba. Mulai dari lomba permainan tradisional, lomba seni/menyanyi, gerak jalan indah dan sepeda hias, serta lomba gapura.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana HUT RI ke-74 Pemkot Palopo, Dr Ishak Iskandar yang ditemui pada sela-sela ramah tamah di Rujab SaokotaE Palopo, Senin, 12 Agustus 2019, lomba kesenian di bawah koordinator Dinas Pariwisata mulai dilaksanakan Selasa, 13 Agustus 2019 hari.
Lomba menyanyi ini diikuti pejabat lingkup Pemkot seperti Kadis, Kabag, Camat, dan Lurah. Lomba ini berlangsung selama empat hari, pada 13-16 Agustus.

Selanjutnya, lomba permainan tradisional antara Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemkot akan dilaksanakan pula selama dua hari yakni 14-15 Agustus. Dibawah koordinator Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Palopo akan dilaksanakan sejumlah lomba seperti ampang, kasti, bakiak, dan sepak takraw.

Kemudian lomba gerak jalan indah serta sepeda hias dijadwalkan berlangsung selama tiga hari yakni 14-16 Agustus di bawah koordinator Dinas Pendidikan. Peserta lomba tersebut yakni SD, SMP, SMA, dan organisasi se Palopo. ”Kita belum tahun, apakah ada kelompok waria yang ikut. Waria ini biasanya masuk kelompok organisasi,” terang Ishaq.

Juga ada lomba gapura antara kelurahan, Rukun Tetangga (RT), serta instansi se Palopo. Penilaian lomba gapura dilaksanakan selama tiga hari yakni 14-16 Agustus di bawah koordinator Dinas Kesbang dan Linmas.
Pemenang lomba Gapura akan mendapat uang pembinaan. Juga akan diikutkan Lomba Gapura Cinta Negeri tingkat nasional. ”Tema HUT RI tahun ini adalah SDM unggul, Indonesia maju,” kata mantan Kadis Kesehatan ini.

Untuk acara resmi kenegaraan, ada lima item kegiatan. Mulai dari TAPTU atau pawai obor di depan kantor Wali Kota Palopo pada Jumat, 16 Agustus mulai pukul 18.45 Wita sampai selesai. Kedua, Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) mulai pukul 23.50 Wita, Jumat 16 Agustus di Taman Makam Pahlawan, Salobulo, Palopo.

Acara puncak pada Sabtu 17 Agustus 2019, pengibaran bendera merah putih pada pukul 09.00 Wita di Lapangan Pancasila. Usai ucapara, dilanjutkan ziarah ke makam pahlawan. Kemudian sorenya pukul 17.30 Wita di Lapangan Pancasila, upacara penurunan bendera merah putih di Lapangan Pancasila.

Di tingkat kecamatan dan kelurahan, juga diadakan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI. Seperti di Kecamatan Wara Timur, diadakan berbagai permainan tradisional.

”Kita akan melaksanakan pertandingan takrow, lomba bakiak, joget balon, dan lomba pakai memasukkan sarung lima orang. Kegiatan lomba kita pusatkan di pelataran Kantor Camat Wara Timur setelah tanggal 17 Agustus,” kata Camat Wara Timur, Arham SSTp. (ikh)

Lomba HUT RI Tingkat Kota Palopo

* Lomba Menyanyi antar Pejabat pada 13-16 Agustus 2019. Koordinator Dinas Pariwisata.
* Lomba permainan tradisional antara Perangkat Daerah (PD) pada 14-15 Agustus 2019. Koordinator Dispora.
* Lomba gerak jalan indah serta sepeda hias. Peserta lomba tersebut yakni SD, SMP, SMA, dan organisasi se Palopo pada 14-16 Agustus 2019. Koordinator Dinas Pendidikan.
* Lomba Gapura antara kelurahan, Rukun Tetangga (RT), dan instansi. Penilaian pada 14-16 Agustus 2019. Koordinator Dinas Kesbang dan Linmas.

Kegiatan Resmi Kenegaraan

* TAPTU atau pawai obor.
Jumat, 16 Agustus mulai pukul 18.45 Wita. Tempat: Depan kantor Wali Kota.

* AKRS.
Jumat 16 Agustus 2019 mulai pukul 23.50 Wita. Tempat: Taman Makam Pahlawan, Salobulo.

* Pengibaran Bendera Merah Putih
Sabtu 17 Agustus 2019, pukul 09.00 Wita. Tempat: Lapangan Pancasila.

* Ziarah ke Makam Pahlawan.
Sabtu 17 Agustus 2019, pukul 10.00 Wita. Tempat: Taman Makan Pahlawan Salobulo.

* Upacara Penurunan Bendera Merah Putih
Sabtu 17 Agustus 2019, pukul 17.30 Wita. Tempat: Lapangan Pancasila.

* Sumber: Panitia HUT RI ke-74 Pemkot Palopo. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top