Toraja

Menarik, Perayaan HUT RI di Tator Diwarnai Jalan Kaki 3 Hari

* Ke Lapangan Bongkakaradeng

MAKALE — Sejumlah kegiatan bakal mengisi pelaksanaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Tana Toraja. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kelompok pencipta alam se-Tana Toraja berjumlah 50 orang, bakal berjalan kaki selama 3 hari sambil mengibarkan bendera yang akan di mulai dari bundaran kolam Makale, kemudian melakukan arak-arakan bendera menuju Batusura dengan berjalan kaki.

Setibanya di Batusura, dilanjutkan dengan camping bersama. Keesokan harinya, 16 Agustus 2019, peserta kirab bendera melanjutkan perjalanan ke Lapangan Upacara Bongkakaradeng.

Dengan mengusung tema “Sumber Daya Manusia (SDM) Maju Indonesia Unggul”, upacara perayaan akan berlangsung di Lapangan sepak bola di Bonggakaradeng.

Disampaikan Ketua Panitia Perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Tator, Salvius Pasang dalam acara jumpa pers bersama beberapa awak media di ruang pola Kantor Bupati Tana Toraja, Kec. Makale, Sabtu (10/8/2019), lalu.

Salvius menyampaikan pemilihan lokasi upacara HUT RI merupakan kesepakatan bersama pihak pemerintah, karena selain lokasi lapangan yang luas juga merupakan area yang rata serta bagus.

Dengan melibatkan seluruh stakeholder di tiga kecamatan terdekat yakni, Kec. Rano, Kec. Rembon, dan Kec. Simbuang.
Dikatakan Salvius, menjelang perayaan HUT RI beberapa kegiatan sudah di laksanakan yakni pertandingan sepak bola yang sudah sementara berjalan dan akan final pada tanggal (16/8), mendatang.

Pesiapan juga sudah dilaksanakan yakni, pembenahan jalan masuk ke lokasi yang sudah dilakukan baik itu pemasangan umbul-umbul.
Selanjutnya dijelaskan Salvius, bahwa kegiatan pelayanan kesehatan juga akan dilakukan, serta vaksinasi masal bagi anjing peliharaan.
“Dengan harapan setelah perayaan tidak akan adalagi anjing yg terdeteksi rabies karena vaksin yang di berikan dengan daya tahan 3 tahun ke depan,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan renungan malam di Taman Makam Pahlawan, pemberian remisi bagi tahanan Rutan Makale, panjat pinang, domino serta atraksi para layang di Lapangan Bongkakaradeng.

Dilanjutkan, Peresmian Puskesmas Bongkaradeng dan pelayanan massal oleh tim dokter, perawat, dan bidan, upacara penurunan bendera dan juga akan di rangkaian dengan upacara kebesaran Pramuka.(mg2/idr)



Click to comment

Most Popular

To Top