Luwu

Basmin Apresiasi 18 Nakes Nusantara Sehat

*Telah Bertugas Diwilayah Terpencil Luwu

BELOPA-–Bupati Luwu Drs H Basmin Mattayang, M.Pd, Senin (13/8) kemarin diruang kerjanya memberikan ucapan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada 18 orang tenaga kesehatan dari program Nusantara Sehat, yang telah habis masa tugasnya di Kabupaten Luwu.

Dalam sambutannya, Basmin Mattayang, mengatakan, Pemkab Luwu patut memberi apresiasi kepada 18 orang temaga kesehatan karena telah mengabdikan diri dibeberapa wilayah terpencil di Kabupaten Luwu.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat kabupaten Luwu, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi adinda semua. Kalian sangat membantu Pemkab Luwu dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kami, utamanya yang berada diwilayah terpencil. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Puskesmas yang telah menerima adik-adik kita ini dan membimbing mereka selama bertugas didaerah kita,” Ungkap Basmin Mattayang.

Untuk diketahui, program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan bidang kesehatan. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Program Nusantara Sehat bertujuan menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di daerah tertinggal, daerah perbatasan, dan daerah kepulauan (DTPK), juga daerah yang bermasalah kesehatan (DBK). Pula, mempunyai tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK.

Khusus untuk kabupaten Luwu, tenaga kesehatan yang berjumlah 18 orang, terdiri dari profesi dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, apoteker dan tenaga laboratorium. Tenaga kesehatan tersebut bertugas sejak 18 agustus 2017 hingga 18 Agustus 2019, mereka disebar di empat kecamatan, yaitu Puskesmas Walenrang Barat, Puskesmas Bajo Barat, Puskesmas Latimojong dan Puskesmas Bastem (and/rul)



Click to comment

Most Popular

To Top