Ekonomi

Jelang 17 Agustus, Penjualan Piala Sepi

PALOPO-– Menjelang puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada Sabtu, 17 Agustus 2019, penjualan piala agak sepi. Tahun ini, agak jarang pertandingan yang digelar di tingkat kecamatan dan kelurahan.
Sepinya penjualan piala diungkapkan Rahman Iskandar, Owner Toko Piala Adipura, Jl. Andi Djemma, Palopo, yang ditemui Palopo Pos, Selasa, 13 Agustus 2019.

Menurutnya, beberopa waktu lalu, ia memesan 70 set piala dari Makassar. Namun hingga H-4 puncak HUT-RI, Selasa kemarin, pergerakannya slow moving. Itu bisa dilihat dari deretan piala yang dipajang pada etalasi di tokonya. Masih banyak yang terjejer rapi.

Harga piala di Toko Adipura bervariasi menurut ukurannya. Yang terendah Rp100 ribu per set yang tinggi 30 centimeter (cm). Ada juga seharga Rp250 ribu per pics untuk piala tinggi 50 cm dua kaki. Yang tertinggi Rp500 ribu ukuran tinggi 50 cm tiga kaki.

”Kurangnya penjualan piala, mungkin disebabkan karena pelaksanakan kegiatan lebih banyak menyiapkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba. Kemudian toko penjual piala sudah ada beberapa, seperti Toko Artana, Toko Usaha Abadi, Toko Indonesia, dan Toko Orient,” kata Rahman.

Dari pantauan Palopo Pos, Rahman Iskandar memiliki dua tempat usaha. Yang pertama usaha percetakan di Jl. Anggrek Non Blok (dekat Jembatan Bolong). Kemudian usaha keduanya Toko Adipura di Jl. Andi Djemma (sampingi Toko Centro).

Kalau toko piala terlihat sepi, justru terbalik di Percetakan Adipura. Di sini, pelanggannya cukup banyak. Sekira setengah jam penulis di percetakan, pelanggan tidak berhenti datang. Ada yang datang ambil pesanannya, namun ada pula yang baru pesan jasa cetakan.

Ada yang pesan undangan, spanduk, stempel, papan nama, kartu nama, dan sebagainya. Saking banyaknya pelanggan, percetakan ini memiliki karyawan sekira sepuluh orang. Ada yang bertugas sebagai tenaga desain grafis, ada yang melayani pelanggan, ada yang melipat undangan, dan sebagainya.

Ditambahkan Rahman, salah satu tips sehingga percetakan ini ramai pelanggan yakni pihaknya senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal, dengan harga yang relatif sama dengan percetakan lainnya. ”Kita maksimalkan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai order. Kalau pelanggan pesan banyak, kita beri diskon khusus,” tandas Rahman.

Camat Wara Timur, Arham STTp ketika dimintai tanggapannya, mengungkapkan pelaksanaan pertadingan 17 Agustus tahun ini agak kurang dibanding beberapa tahun lalu. ”Tahun-tahun sebelumnya, setiap kelurahan gelar pertandingan. Tahun ini, kita di Wara Timur dipusatkan di kantor camat,” katanya. (ikh)



Click to comment

Most Popular

To Top