Luwu Timur

Rawan Gempa, Sesar Matano Aktif

ilustrasi

MALILI — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Luwu Timur, Herdinang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur agar memberi pemahaman dini kepada masyarakat terkait tanggap gempa.

Menurut Herdinang yang juga Ketua Komisi III DPRD itu bahwa Luwu Timur termasuk Kabupaten yang kerap dilanda gempa bumi dibanding wilayah lain di Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Luwu Timur masuk dalam zona rawan gempa yang diakibatkan aktifnya Sesar Matano. Ini yang sangat perlu diwaspadai oleh warga Bumi Batara Guru,” ungkap Herdinang Kepada Wartawan , Selasa 13 Agustus 2019.
Herdinang mengatakan ancaman gempa perlu disikapi serius pemerintah kabupaten (pemkab) Luwu Timur, Termasuk memberikan Pelatihan Tanggap kepada Warga. “Saatnya masyarakat tahu bahwa di sekitar kita ada ancaman serius,” kata Herdinang.

Masyarakat, kata dia, perlu mendapat pemahaman dini untuk menghadapi jika takdir (gempa) itu datang. Untuk itu, BPBD perlu melakukan antisipasi dini minimal memberi pemahaman kepada masyarakat. “Tentang cara menghindar ketika takdir (gempa) itu datang,” tuturnya. (krm/him)



Click to comment

Most Popular

To Top