Ragam

Tanamkan Kecintaan Budaya Luwu Lewat Lomba Tari

* Reuni Alumni SMANSA 371 Belopa

PALOO — Tinggal hitungan hari, perayaan Hari Ulang Tahun ke-52 SMANSA 371 Belopa atau yang kini dikenal dengan SMAN 1 Luwu saat ini, bakal segera digelar. Rencananya akan dimulai dari tanggal 21-25 Agustus 2019, mendatang.

Dalam kegiatan selama hampir sepekan tersebut, akan diisi sejumlah kegiatan. Dikatakan Ketua Umum IKA SMANSA 371 Belopa, Brigjen TNI (Purn) Muslimin Akib, SE, MM kepada Palopo Pos, kalau dalam acara reuni nantinya, panitia akan mengadakan lomba internal antar kelas SMAN 1 Luwu. Yakni, berupa pertunjukan tarian budaya khas Tana Luwu.

“Kalau nanti ini bagus, tahun depan kita akan rancang perlombakan antar sekolah se-Tana Luwu. Kalaupun ada seni suara, juga harus bernuansa Luwu,” ungkapnya saat diwawancarai, kemarin ketika berkunjung ke Palopo Pos.

Untuk apa? dijelaskan Brigjen TNI (Purn) Muslimin Akib yang juga Ketua Panitia FKN XIII Tana Luwu ini, kita inginkan mulai dari SMAN 1 Belopa muncul kecintaan generasi muda kepada budaya Tana Luwu. “Bangga akan budayanya sendiri. Bukan budaya orang lain,” ujarnya.

Maka dari itu, dikemaslah dalam perlombaan internal nantinya.
Kedua, lanjutnya, tadinya akan dilakukan di dalam sekolah. Tetapi, kita sepakat dipindahkan ke Baruga Arung Senga. “Ketika ini tampil, pemerintah bisa lihat, lalu, masyarakat juga bisa ikut nonton, serta mengangkat ekonomi warga sekitar dengan berjualan,” jelasnya.

Dengan diaktifkannya Baruga itu, sambungnya, sekaligus memancing masyarakat untuk menghidupkan Baruga sebagai pusat budaya. “Silahkan pakai. Mau kembangkan budaya itulah tempatnya. Silahkan sanggar tari belajar di situ. Ini yang kita mau angkat mulai dari SMAN 1 Belopa,” jelasnya.

Harapan kita, kebudayaan Tana Luwu tertanam dalam generasi penerus. Dimulai dari usai sekolah. “Orang Luwu itu silahkan terbang nun jauh kemana. Tetapi, jangan lupa kampung halaman.

Adapun kegiatan reuni nantinya, sebagai pembuka dimulai dengan upacara bendera yang diadakan oleh seluruh alumnus dengan melibatkan para angkatan, PTK, Komite, beserta siswa aktif SMANSA 1 Luwu menjadi penyelanggara acara, sebagai penanda dimulainya rangkaian acara.
Adapun tema HUT ke-52 SMANSA 371 Belopa “SEMANGAT 52”, itu akan berlangsung, Rabu, 21 Agustus 2019, mendatang.

Dalam rilis yang diterima Palopo Pos tadi malam, perayaan yang dirangkaikan dengan reuni akabr ini akan berlangsung selama lima hari berturut-turut. Sedangkan acara puncak akan digelar di dua tempat terpisah, yaitu, Luwu Food Festival yang diselenggarakan di pelataran terbuka SMANSA 371 Belopa, dan malam ramah tamah yang diisi pentas seni, yang akan diselenggarakan di Baruga Arung Senga, Kota Belopa.

Penyelenggaraan acara ini adalah ide cemerlang yang disampaikan oleh para pengurus IKA. Seluruh rangkaian acara mendapatkan dukungan aktif dan maksimal dari Ketua Umum IKA, Brigjen TNI (Purn) Muslimin Akib, SE, MM, Sekretaris Umum, Dr. Suaedi, S.Pd, M.Si, dan Bendahara Umum, Hartawati Andi Djelling (Opu Odeng). Dukungan penuh pula disampaikan dalam rapat bersama dewan guru datang dari Kepala Sekolah SMAN 1 Luwu, Drs. Nurdin Muin.(idr)



Click to comment

Most Popular

To Top