Metro

Target Bertambah Rp7,62 Miliar

*Pemkot Serahkan Ranperda Perubahan APBD

TOMPOTIKKA — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo menyerahkan draft Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD 2019, melalui rapat paripurna, di Kantor DPRD Palopo, Selasa 13 Agustus 2019.

Rapat ini dipimpin, Wakil Ketua I DPRD, Hj Hasriani didampingi Wakil Ketua II, Islamuddin yang dihadiri beberapa pimpinan Perangkat Daerah, termasuk sejumlah anggota DPRD Palopo.

Wakil Wali Kota Palopo, Dr Ir H Rahmat Masri Bandaso, M.Si dalam kesempatan itu menyampaikan jika perubahan APBD 2019 terjadi penambahan pendapatan hal itu didasarkan sejumlah asumsi.

Secara umum perubahan APBD tahun anggaran 2019 dapat kami sampaikan bahwa pada sektor pendapatan daerah direncanakan adanya perubahan target pendapatan yang semula ditargetkan sebesar kurang lebih Rp1,08 Triliun bertambah sebesar Rp7,62 Miliar. Sehingga menjadi sebesar kurang lebih Rp1.016 Triliun atau setara dengan 0,76 persen. Dimana peningkatan ini disebabkan karena adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu, lanjut RMB sapaan akrabnya tentang perubahan APBD ini yang ditindaklanjuti dengan pelaksanaan penyerahan Ranperda Kota Palopo tentang rancangan perubahan sebagaimana yang telah dilaksanakan. Baginya menjadi langkah penting semua untuk mencermati berbagai perubahan arah kebijakan strategis prioritas kegiatan daerah baik pada sektor pendapatan maupun pada sektor belanja daerah tahun anggaran 2019.

Penyusunan APBD tidaklah sendiri tetapi merupakan satu kesatuan dari keseluruhan proses penyelenggaraan pemerintahan daerah dimana pengelolaan keuangan daerah secara komprehensif tidak hanya terfokus pada proses peredaran negara tetapi juga sangat dipengaruhi oleh mekanisme pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaannya dalam mewujudkan akuntabilitas.

“Tentu hal ini tidak mungkin dapat dilaksanakan tanpa dukungan dari seluruh anggota DPRD serta kerja keras dari pimpinan PD beserta jajarannya untuk itu,” tandasnya.(rul/rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top