Kriminal

BNN Bongkar Penyelundupan 1 Kg Ganja

*Modus Kejahatan Lewat Jasa Pengiriman

PALOPO –– Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palopo membongkar penyelundupan ganja dengan sasaran Kota Palopo. Ganja tersebut di kemas dalam bungkusan plastik seberat 1 kg. Selain barang bukti ganja, petugas BNN juga menangkap lelaki berinisial MA.

Kepala BNN Palopo, AKBP Ustim Pangarian mengatakan pengungkapan peredaran ganja ini melalui jasa pengiriman yang berasan dari Kota Medan, Sumatera Utara. Selain tersanka MA, rekannya berinisial EB dan HK kini ditetapkan dalam buku register pencarian orang atau DPO.

“MA ini adalah suruhan dari dari HK. Sebagai imbalannya MA bisa menerima ganja sebanyak dua garis,” katanya, dalam keterangan persnya yang disampaikan di kantor BNN, Jalan Pemuda, Kota Palopo, Senin 19 Agustus 2019 kemarin.

Penangkapan ini bermula BNN Palopo mengetahui adanya ganja yang dikirim ke Kota Palopo melalui penyelidikan Tim intrediksi BNN RI. Selanjutnya, BNN RI menelpon terkait keberadaan ganja yang dikirim oleh oknum ke Kota Palopo dan pihaknya menghubungi bea cukai Cabang Malili untuk memastikan hal tersebut sekaligus mengetahui oknum pengirim dan penerima barang tersebut.

Sementara tersangka, MA terancam hukuman minimal 4 tahun penjara, maksimal 12 tahun dan denda Rp400 juta sesuai undang-undang 35 tahun 2019. Selain itu, mantan Kapolsek Wara Palopo ini juga berharap peran serta masyarakat dalam membantu pemberantasan barang terlarang. “Kita harapkan kerja sama semua stakekholder dan semua elemen masyarakat dalam menjalin koordinasi dan komunikasi bila mana mengetahui adanya peredaran Narkotika yang masuk wilayah Kota Palopo,” terang Ustin. (rul/him)

Click to comment

Most Popular

To Top