Siwa-Sulsel

Pelayanan Kesehatan Gratis, Ini Harapan Marthen Rantetondok Kepada Masyarakat Miskin

MAKASSAR— Bentuk perhatian anggota DPRD Sulsel, Ir. Marthen Rantetondok, MM kepada masyarakat miskin soal pelayanan kesehatan gratis, patut diacungi jempol.

Pada saat Sosialisasi dan Penyebarluasan Perda No 9 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 2 Tahun 2009 Tentang Kerja Sama Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Gratis yang dilaksanakan, Kamis, 15 Agustus 2019 di Halaman Gedung Gereja Rappocini Jemaat Dadi, Kelurahan Rappocini Kecamatan Rappocini, Kota Makassar Provinsi Sulsel, ia meminta supaya pelayanan ke
masyarakat miskin diperhatikan dengan baik.

Sosialisasi yang dihadiri ratusan peserta, termasuk Drs. Muh. Yusuf selaku RW IV, perwakilan dari aparat pemerintahan Kelurahan Rappocini, Rijal Nursalim selaku Narasumber perwakilan dari Kantor BPJS Kota Makassar, dan Ferdy S selaku pemerhati kesehatan masyarakat di jemaat Dadi dihadiri pula beberapa Tokoh Masyarakat,Tokoh pemuda dan Tokoh perempuan, Marthen Rantetondok mengatakan, ini sebagai bentuk perhatian untuk meningkatkan derajat bagi kesehatan masyarakat.

Pada kesempanat itu, Marthen Rantetondok mengutarakan maksud Perda No 9 Tahun 2016. Yakni, untuk meningkatkan derajat kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia terkhusus bagi masyarakat miskin di Kota Makassar Provinsi Sulsel dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang mekanisme pelayanan pengguna BPJS kesehatan.

Perda ini dibuat katanya, untuk mengatur dan dapat memberikan peningkatan derajat kesehatan masyarakat terkhusus masyarakat miskin dengan pelayanan maksimal. Sehingga, lanjutnya, ketika ada masyarakat yang sakit, mereka dapat menerima pelayanan yang baik hingga sehat.

”Selaku wakil rakyat di DPRD Sulsel, kami wajib menyampaikan ke masyarakat secara detail ditambah dengan penjelasan dari pihak BPJS kota Makassar perihal penyelenggaraan kesehatan gratis di Kota Makassar terkhusus untuk warga miskin. Ini, agar masyarakat mengetahui bagaimana bentuk kerja sama penyelenggara kesehatan (BPJS) dengan pemerintah kota Makassar,” katanya.

Pada kesempatan itu, salah seorang warga mengatakan, merasa bangga dengan adanya kegiatan ini.

”Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi kami masyarakat di Kelurahan Rappocini dengan kehadiran anggota DPRD Provinsi Sulsel. Kami berharap, semua masyarakat khususnya warga miskin/tidak mampu mengetahui prosedur pengajuan kartu BPJS KIS untuk pelayanan kesehatan gratis dan nantinya dapat terlayani dengan baik,” katanya. (rls)

Click to comment

Most Popular

To Top