FEMALE

Jadi Pribadi yang Bermanfaat untuk Orang Lain

Misbah Nur, S.Tr Keb
Bidan Teladan Provinsi Sulsel

Satu lagi Pejuang Kesehatan di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaraginang. Diadalah bidan Misbah Nur yang lahir di Ujung Pandang, 30 tahun silam. Ia merupakan bidan Teladan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Dengan semangat pengabdian yang dimilikinya, bidan Misbah Nur melakukan inovasi di bidang kesehatan pada tahun 2017, ia membentuk kelompok senam.
“Saya bidan yang bertugas di Poskesdes Baliase, saya mencoba mengajak masyarakat disekitarnya untuk hidup sehat lewat gerakan masyarakat hidup sehat (Germas),” kata bidan Misbah kepada Palopo Pos, Jumat, kemarin.

Ia mejelaskan, lewat kelompok senam inilah, ia mulai mengajak masyarakat untuk makan sayur, dan buah dengan pemanfaatan pekarangan belakang rumah. “Poskesdes menjadi kebun sayur, dan buah bersama serta melakukan skrining/pemeriksaan kesehatan secara rutin,” jelasnya.

Misbah menjelaskan, kelompok senam tersebut diberi nama “Frozen Barbie”. “Kelompok senam kami itu memiliki ciri khas yang menggunakan seragam pink, yang dipakai kemana-mana,” ucapnya.Menjadikan warna pink sebagai ciri khas kami, karena dengan pink, mereka (peserta kelompok) menjadi semangat, dan merasa muda.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras melalui gerakan senam ini, masyarakat mulai menyadari akan pentingnya hidup sehat, serta memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayur-sayuran, dan buah-buahan.

Saat ditanya soal sampai menjadi bidan teladan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Ia menjelaskan, awalnya, ia mengikuti di tingkat pertama di Kabupaten Luwu Utara, dan berhasil sebagai juara. Lalu, dipercaya mewakili Luwu Utara, kemudian dilanjut ke tingkat provinsi. “Alhamdulillah, saya masuk dalam 3 besar yang lolos dengan membawakan inovasi “Sugesti Seragam Pink dalam Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat,” tegasnya.(jun/idr)

Data Diri:
Nama : Misbah Nur, S.Tr Keb
TTL : Ujung Pandang, 19 Juli 1989
Pekerjaan : Bidan di Poskesdes Baliase
Suami : Brigpol Gusti M
Anak Pertama : Aqila Nahwa
Anak Kedua : Nadhilah Zakiyyah
Hobi : Senam dan Dengar Musik

Click to comment

Most Popular

To Top