FEMALE

Tari Ajarkan Disiplin dan Lebih Mengenal Budaya

Andi Afni Nurvitasari

Mengajarkan tari kepada para penghuni Lapas Kelas II A Kota Palopo menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Andi Afni Nurvitasari. Disaat melatih tari, Afni merasakan dapat berbaur lebih dalam lagi bersama para napi yang notabene memiliki karakter yang berbeda-beda.

Butuh kesabaran dan ketekunan menghadapi para mereka yang menjadi warga binaan di Lapas Kelas II A Palopo. Betapa tidak, mereka para wanita yang berada di sana dikarenakan terlibat kasus berbeda-beda. Afni yang secara otodidak belajar tari ini telah berhasil melatih para warga binaan. Dimana pada HUT Kemerdekaan lalu, menampilkan tarian 4 etnis.
”Selain mengajarkan disiplin, tari juga membuat kita lebih mengenal budaya kita sendiri,” sebut Afni.

Kepada Palopo Pos, Afni sapaan akrabnya bercerita kalau awalnya tak banyak dari mereka yang ingin berlatih tari. Disamping karena tak biasa, juga dikarenakan sebagian dari mereka masih enggan untuk mengekspresikan potensi yang mereka miliki.

”Berbaur dengan mereka itu ada kebahagiaan tersendiri. Apalagi disaat mereka bisa cerita dan tertawa lepas, itu sangat membuat kami para petugas Lapas ikut merasakan kebahagiaan mereka,” sebut Afni, Jumat 6 September 2019.

Tapi, sebutnya, kami juga harus bertindak tegas kepada mereka yang masih kurang disiplin selama dibawah binaan di Lapas.
Gadis kelahiran Bone, 10 Oktober 1996 ini mengaku kalau menari memang sudah menjadi hobinya sejak kecil. Dan ketika diberi kepercayaan melatih tari di Lapas, dia mengaku sangat senang.

”Seru kak mengajarkan tari kepada mereka. Mereka cukup antusias untuk latihan apalagi tampil. Karena mereka juga kan bosan kalau terus-terusan berada di kamar. Selain itu, setiap kegiatan di Lapas itu adalah rangkaian pembinaan untuk memberi bekal buat mereka kembali ke masyarakat,” sebut gadis berhijab yang hobi baca novel ini.

Afni bercerita, beberapa waktu lalu ada pengalaman yang tak bisa dilupakan, disaat mereka para napi perempuan ingin tampil menari. Bagaimana serunya mereka dibangunkan di sel dan dimake up hingga sedikit tegang melihat penampilan mereka.

”Saat itu, saya dan teman harus membangunkan mereka di sel sekitar pukul 03.00 dinihari. Kebayang ndak saat itu harus buru-buru dari sel ke sel untuk membangunkan mereka. Dan dag dig dug melihat penampilan mereka. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar dan sukses,” cerita Afni.(rhm)

BIODATA

Nama : Andi Afni Nurvitasari
TTL : Bone, 10 Oktober 1996
Pendidikan : SMK Kehutanan
Pekerjaan : Polsuspas/ Petugas Lapas
Hobi : Baca Novel

Click to comment

Most Popular

To Top