Kriminal

Jaksa Pelajari Berkas Sutomo

*Tersangka Pembunuhan Gadis Liong

PALOPO — Kejaksaan Negeri Palopo telah menerima berkas perkara kasus pembunuhan Olivia Septiani Liong atau Gadis Liong (21), warga Jalan Batara, Kota Palopo, yang diduga dibunuh oleh Sutomo, tunangannya 19 April 2015 silam.

“Berkas tersangka sudah dilimpahkan Kejari. Namun jaksa butuh waktu untuk meneliti berkas itu lebih lanjut berkas yang dikirim oleh penyidik Polres Palopo,” kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Palopo, Zakaria Aly Zaid SH, Senin 9 September 2019 kemarin.

Menuruitnya, sebelum berkas dinyatakan lengkap, maka Keejaksaan akan meneliti apakah memenuhi unsur pembunuhan seperti yang disangka polisi dalam berkasnya. “Tentunya jaksa masih punya waktu untuk menyatakan sikap. Apakah sudah cukup bukti atau tidak,” ujar Zakaria.

Zakari mengatakan, dalam berkas tersangka dijerat pasal 338 subs 351 ayat (3) KUHPidana tentang dugaan tindak pidana pembunuhan dan atau penganiayaan yang mengakibatkan matinya orang. Ia menjelaskan, penangkapan terhadap tersangka pembunuhan dan atau penganiayaan yang mengakibatkan korban Olivia meninggal dunia itu berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LPB / 187 / IV / 2015 / SPKT, Tanggal 19 April 2015. “Tentunya ada waktu untuk meneliti apakah berkas sudah memenuhi syarat formil dan materiil, termasuk pengenaan pasal dari Undang-Undang pembunuhan,” katanya.

Salah satu hal yang menarik dari berkas ini, dimana tersangka Sutomo tidak mengakui kalau dirinya membunuh kekasihnya sekaligus tunangannya. Namun penyidik Polres Palopo menyangkakannya berdasarkan keterangan saksi-saksi, salah satunya saksi tukang ojek yang melihat tersangka memapah korban keluar dari pagar rumah korban.

Sebelumnya, kasus ini digelar rekonstruksi dengan menghadirkan tersangka Sutomo yang diduga membunuh Olivia Septiani. Kasat Reskrim Polres Palopo, AKP Ardy Yusuf, saat dikonfirmasi waktu itu mengatakan kalau pemberkasan sudah rampung, selanjutnya pelimpahan berkas perkara ke jaksa penuntut umum (JPU).

Sutomo dibekuk Polisi saat tidur di rumahnya Jl Tandipau, Kota Palopo, Senin 15 Juli 2019 lalu. Pria keturunan Tionghoa itu akan melakukan pesta perkawinan di Bulan November 2015. Namun takdir berkata lain, Gadis Liong malah tewas sebelum menikah dengan Sutomo.

Ayah kandung Sutomo, Rahmat tidak yakin kalau putra keduanya yang membunuh Gadis Liong. “Sutomo anak saya bukan pelakunya. Selama dua tahun mereke (Sutomo dan Olivia) pacaran dan saya tidak pernah mendengar atau melihat mereka bertengkar,” kata Rahmat, saat itu. (him)

Click to comment

Most Popular

To Top