Utama

Datu Luwu Hadiahi Keris Pusaka ke Gubernur NA

PALOPO — Yang Mulia Datu Luwu, La Maradang Mackulau Opu To Bau SH menyambut hangat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah di Salassa, kemarin pagi sebelum bertolak kembali ke Makassar.

Gubernur yang datang bersama Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi, dan Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir, MH, serta Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf Gunawan.

Kunjungan tersebut bermaksud untuk berpamitan kepada Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu to Bau dan Dewan Adat Kedatuan Luwu.  Dalam kunjungannya ini, Datu Luwu menghadiahi Gubernur Sulsel sebilah keris pusaka, sebagai cindera mata dari Kedatuan Luwu.

“Saya akan serahkan satu keris tua kepada Bapak Gubernur. Keris ini, keris tua yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka,” ujar Datu Luwu. Sementara itu, Gubernur Sulsel mengungkapkan terima kasih atas pemberian keris dari Datu Luwu. “Saya jaga sebagai pusaka,” kata Gubernur Prof Nurdin Abdullah.

Revitalisasi TPI

Usai dari Istana Kedatuan Luwu Gubernur lalu, menyempatkan untuk mengunjungi Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Kota Palopo, Kecamatan Wara Timur.

Di TPI, Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulsel akan merehabilitasi Tempat Pendaratan Ikan (TPI) di Palopo tahun 2020. Gubernur menjelaskan rencana pembangunan kembali TPI di Pantai Ringgit Palopo itu dalam kunjungan kerja, Selasa 10 September 2019.

Pada kesempatan itu, Nurdin Abdullah didampingi Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi dan Walikota Palopo H Judas Amir.
Menurut Prof HM Nurdin Abdullah, kondisi TPI Palopo yang sekarang sudah tidak layak lagi. “Ini tidak layak lagi Pak Wali. TPI kita bangun yang sehat. Harus banyak kran air dan tempat pembuangan,” jelas Gubernur Sulawesi Selatan.

Menurut Walikota Palopo, Judas Amir, sebagian area di TPI di Pantai Ringgit itu lebih rendah dari permukaan laut. “Kalau pasang naik air laut,” jelas penjual ikan di TPI.

Gubernur Sulawesi Selatan akan membangun TPI yang representatif yang dilengkapi semua fasilitas di TPI. “TPI itu tempat pelelangan. Tempat penjualan partai. Lantainya harus sehat,” urainya.

Menurut Judas Amir, TPI di Pantai Ringgit Palopo sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sulsel. “Ini asetnya pemprov gub (gubernur). Kami sudah serahkan semua dokumennya,” jelas Judas Amir.

Setelah dari TPI, dalam perjalanan menuju Bandara La Galigo Bua, Gubernur juga menyempatkan melakukan kunjungan di Sampoddo, Kecamatan Wara Selatan, meninjau rencana pembangunan rest area di lokasi ini.

Gubernur dan rombongan juga menikmati jagung rebus yang dijajakan warga, kemudian melanjutkan perjalanannya ke Bandara Bua untuk kembali ke Makassar.(idr)

Click to comment

Most Popular

To Top