Utama

Delegasi Raja Minangkabau Ziarah ke Makam Datuk Sulaiman

PALOPO-– Delegasi Kerajaan Minangkabau yang diwakili Kesultanan Minangkabau Pagaruyung Darir Qoror dan Kerajaan Kabuntaran Talu meluangkan waktu untuk ziarah ke Makam Datuk Sulaiman (Datu Pattimang) di Malangke, Kab. Luwu Utara, Selasa, 10 September 2019.

Rombongan Kerajaan Minangkabau terdiri tujuh orang. Yakni, Yang Dipertuan Gadih Pagarruyuang Prof Dr Ir Puti Reno Raudhatuljannah Haib MP (dari Pagaruyung Darir Qoror). Raja Kabuntaran Talu, Tuanku Bosa XIV dr Fadlan Maalip SKM. Didampingi oleh Dra Puan Puti Reno Rachma Oesman (Permaisuri almarhum Raja Pagaruyuang ke-20), Sultan Muhammad Thareq SSos, Jhonny ZA Tuanku Rajo Tojan, Ny. Suriani Jhonny, dan Puti Fahrida Revelianti.

Mereka didampingi tokoh Minangkabau (Padang) Kota Palopo, H Zirmayanto SH dan Ny. Wahyuni Inti Hastuty Zirmayanto, serta beberapa orang Padang yang sudah berdomisili di Palopo.

Menurut dr Fadlan, ia bersama rombongan dari Kerajaan Minangkabau menyempatkan diri untuk ziarah Makam Datuk Sulaiman karena almarhum adalah nenek moyang orang Minang yang telah meng-Islam-kan orang Luwu dan orang Sulawesi Selatan pada umumnya. Jadi antara orang Minang dan orang Luwu, ada hubungan darah.

”Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat dan pemerintah Tana Luwu dan yang sangat menghormati Datuk Sulaiman. Kami atas nama masyarakat Minangkabau sangat berterima kasih dan hormat kepada Datu Luwu, dan seluruh raja-raja di Sulsel, karena telah menjaga dan merawat makam Datuk Sulaiman dengan sangat baik sampai hari ini,” ucap dr Fadlan diamini Prof Puti Reno.

”Terus terang, hari ini (Selasa), masih ada agenda FKN yakni Maccera Tasik di Belopa Kab. Luwu. Namun karena kasipnya waktu, rombongan Kerajaan Minangkabau memprioritaskan ziarah ke makan nenek moyang kami,” ucapnya. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top