Luwu Timur

Hutan Waenusa Towuti Terbakar

TOWUTI — Kebakaran hutan terjadi di Kabupaten Luwu Tiumur, tepatnya di kawasan hutan Waenusa Desa Baruga, Kecanatan Towuti, Selasa 10 September 2019 siang kemarin.

Ada sejumlah titik kebakaran yang terjadi di daerah ini. Dan hingga saaat ini titik api belum mampu dipadamkan karena sulitnya jalur menuju ke titik api tersebut. Dan bahkan telah merembet ke kesejumlah wilayah pada pegunungan lain disekitarnya.

Menurut Camat Towuti Alimuddin, bahwa kobaran api pertama kali muncul berasal dari wilayah hutan atau gunung yang ada di Dusun Waenusa, Desa Baruga sekitar pukul antara 11.00 Wita hingga 12.00 Wita, tetapi sudah padam.

Namum kobaran titik api kembali kelihatan di wilayah sebelahnya yakni di Desa Matompi sekitar pukul 2.00 wita , kemudian api juga merembet ke daerah wilayah lainnya yaitu ke Desa Lioka.

Kata Alimuddin, Tim pemadam kebakaran dari Damkar Kabupaten Luwu Timur, Damkar PT.Vale, serta Damkar dari Magala Akni telah berusaha memadamkan kobaran api di gunung tersebut, hanya saja api masih menyala dan sulit dipadamkan karena akses menuju ke atas gunung sulit dijangkau.

“Sejak kebakaran terjadi, kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait, dan telah berusaha memadamkan api itu. Dan tetap kami berharap agar titik titik api dikawasan itu dapat segera dipadamkan,” tandas Alimuddin. (akm/him)

Click to comment

Most Popular

To Top