Luwu Utara

Upaya Dinas Perikanan Lestarikan Mangrove

MASAMBA–Dalam rangka melestarikan Tanaman Mangrove di Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Dinas Perikanan Kabupaten Lutra, melakukan penanaman 1000 pohon di Desa Pao, Kecamatan Malangke Barat, baru-baru ini.

Penanaman Mangrove tersebut dilakukan bersama masyarakat dan Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara.

Kegiatan itu, merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga kelestarian Mangrove.

Mangrove berfungsi sebagai tempat berlindung dan berkembang biak ikan, dan juga sebagai penahan gelombang penyebab abrasi pantai. “Mangrove yang ditanam di pesisir Desa Pao ini sebanyak 1000 pohon,” kata Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Luwu Raya, Ir Masniah, Selasa, 10 September 2019.

Menurut Masniah, penannaman Mangrove dilakukan di Desa Pao Kecamatan Malangke Barat berdasarkan usulan Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara yang kemudian disetujui.

“Memang beberapa bagian pesisir di wilayah ini telah mengalami abrasi meskipun belum luas sehingga perlu dilakukan penanaman kembali atau tambal sulam pohon Mangrove di pesisir Desa Pao Kec Malangke Barat,” bebernya.

Senada dengan itu, Kadis Perikanan Lutra, melalui Kabid Pemberdayaan Nelayan,
Aqidah, S. Pi, menyampaikan harapan, dengan adanya kegiatan penanaman Mangrove yang dilakukan bersama masyarakat pesisir.

“Diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga keberadaan dan kelestarian mangrove dan jika mangrovenya dalam keadaan baik,manfaatnya juga untuk masyarakat yang ada disekitar pesisir,” tutup Aqidah. (jun/ded)

Click to comment

Most Popular

To Top