Opini

Sosok Sang Pemimpin dan Ketokohan

Drs Hatamuddin, AH.,MM
(Tokoh Masyarakat)

ALLAH Azza wa Jalla adalah Dzat yang Maha Sempurna segala-gala-nya, maha luas tak terbatas pengetahuan-nya sangat pasti bahwa hanya Allah SWT, Dzat yang maha memiliki segala keagungan, kemuliaan dan keunggulan.

DAN Sungguh beruntung bagi siapapun yang dikaruniai oleh-nya potensi dan bakat menjadi sosok sang pemimpin & ketokohan, dan lebih beruntung lagi bagi siapapun yang dikaruniai kemampuan untuk mengoptimalkan potensi dan bakatnya sehingga menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat.

Namun, betapa banyak pula orang yang cukup potensial tetapi tidak menjadikan dirinya menjadi Sang Pemimpin & Ketokohan, juga betapa banyak orang yang memiliki bakat yang terpendam namun tetap “terpendam”, tidak tergali karena tidak mempunyai kesempatan untuk berbuat serta tidak tahu ilmu itu untuk mengoptimalkannya, padahal setiap orang pada dasarnya memiliki potensi untuk ingin sukses, termasuk juga sang Penulis bahkan kita semua.

Dibalik itu kita semua warga Kota Palopo, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa, dimana telah hadirnya Sosok SANG PEMIMPIN di Kota Palopo, untuk melakukan perubahan yang siknifikan sehingga Kota Palopo sekarang ini sudah nampak pembangunannya baik Infrastruktur, Ekonomi, Hukum, Politik, Jasa dan Sosial Budaya, ini kesemua berjalan dengan baik atas berkat Inovasi dan Kearifan SANG PEMIMPIN beserta seluruh jajarannya melakukan hal-hal yang baik dan positif.

Sebagaimana Slogan Sang Pemimpin Kota Palopo Saat ini; “Siapa Lagi, Kapan Lagi dan Dimana Lagi kalau bukan saatnya untuk berbuat yang terbaik untuk Masyarakat dan Kota Palopo yang dicintai”.

Untuk itu sejenak kita lirik Sosok SANG PEMIMPIN Kota Palopo dan Ketokohannya, salah satu contoh yang terkesan bila saat kita bersama beliau dimana ‘kadang kita tertawa dan tersenyum karena candanya, kadang pula kita serius karena komitmennya, bahkan juga kadang pula kita kagum karena Inovasi dan Kearifannya dalam mewujudkansegala imajinasinya kesemuanya itu tanpa adanya rekayasa. Mungkin karena SANG PEMIMPIN itu adalah sosokSang Birokrasi, pengusaha bahkan juga sebagai politisi yang berintegritas tinggi, artinya sosok yang mempunyai pengalaman, komitmen dan tanggung jawab atas apa yang direncanakan untuk diwujudkan (seddi ada seddi gau).

Muncul suatu pertanyaan “siapakah sosok tokoh Birokrasi Pengusaha, Politisi yang kesehariannya Merakyat dan Sukses dalam tugas yang diembannya”? tidak lain dialah SANG PEMIMPIN Kota Palopo “Bapak, Drs. HM. Judas Amir, MH ”

Terkait dengan Inovasi dan Kearifannya SANG PEMIMPIN Kota Palopo, yang Didambakan, Dibanggakan dan Diakui itu, walaupun usianya boleh dikata sudah masuk usia senja namun dalam jiwa dan raganya masih tetap tertaman semangat untuk berkarya sebagaimana tergambar pada dirinyamisalnya:

PERCAYA DIRI. Artinya baginya masih tetap ingin memacu percepatan dirinya untuk mengabdi, maka tidak bisa tidak waktu dan kesempatan adalah kunci baginya, sebab sesungguhnya waktu itu adalah bagian dari kehidupan seseorang, karena hanya orang bodoh adalah orang yang diberi modal berupa waktu untuk hidup, kemudian ia sia-siakan betapa tidak, coba simak tiga kelompok orang yang menggunakan waktunya dengan sebaik mungkin, yaitu :

Orang yang hebat dan sukses, yaitu orang yang menggunakan waktu dan fikirannya dengan optimal, salah satu cirinya adalah dia melakukan sesuatu hal yang tidak di minati oleh orang gagal, sebagaimana yang dilakukan oleh SANG PEMIMPIN KOTA PALOPO saat ini.
Orang yang gagal, yaitu orang yang hari-harinya diisi dengan kekecewaan dan selalu memulai sesuatu pada keesokan harinya serta cepat merasa puas apa yang dia capai saat ini, karakter ini tidak dimiliki Oleh Sosok SANG PEMIMPIN KOTA PALOPO saat ini.

Orang yang ulet dan hebat, yaitu orang yang bersedia melakukan sesuatu sekarang juga tanpa menunda-nunda, bagi orang hebat tidak ada hari esok, dia berkata bahwa hari kemarin sudah berlalu dan hari esok sudah terlambat, dan membuang waktu bukan saja kejahatan, tetapi suatu pembunuhan karakter yang kejam.Karena mengetahui dan menyadari akan pentingnya waktu berarti memahami pula nilai hidup dan kehidupan bagi pribadinya, inilah karakter SANG PEMIMPIN KOTA PALOPO saat ini.

Oleh karena itu, yang pertama dan utama yang harus dilakukan untuk menjadi pribadi yang kuat dan sukses adalah pantang menyia-nyiakan waktu. Kita tidak boleh melakukan sesuatu dengan sia-sia, sebab semua yang dilakukan sangat pasti memakan waktu, sedangkan waktu itu sangat berharga dan terbatas bagi diri seseorang untuk berbuat.

Tidak mungkin kita melakukan hal yang sia-sia dalam artian (mubadzir), bukankah perbuatan mubadzir itu adalah perbuatan sia-sia atau perbuatan setan, berkaitan dengan firman Allah SWT : “sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah perbuatan sia-sia dan saudara setan, dan syaitan itu sangat ingkar pada Tuhan-Nya”. (QS. Al Israa (17:27)

Lihatlah hidup keseharian SANG PEMIMPIN, sangat Ramah dan dekat dengan masysrakat sering berkumpul, berdiskusi tidak melihat status dari golongan manapun, hal ini tidak dapat dipungkiri karena SANG PEMIMPIN bukanlah sosok yang baru dalam hal Pemerintahan, Bisnis maupun Ketokohansemuanya sudah melekat pada dirinya.

SISTEM DAN LINGKUNGAN. Sistem dan Lingkungan yang baik itu akan sangat mempengaruhi percepatan nilai diri seseorang, sebab salah dalam memilih sistem dan lingkungan maka akibatnyapun akan segera dirasakan, maka barang siapa ingin memiliki percepatan diri yang baik untuk menjadi sukses, maka harus bisa mencari sistem dan lingkungan atau teman-teman yang berkualitas baik dilingkungan kecil sampai kepada lingkungan yang besar atau luas.

Maka kalau ingin memiliki pribadi yang baik, tangguh dan produktif, pastikan untuk tidak salah dalam memilih pergaulan dalam system dan lingkungan dimana berada. Sebab salah dalam memilih pergaulan dalam lingkungan atau salah dalam memilih sistem, berarti telah salah dalam mencapai kesuksesan.

Ingatlah pepatah “Bergaul dengan tukang minyak wangi akan kebawa kita juga wangi, bergaul dengan pandai besi akan kebawa bau asap dan bau bakaran”.

Jadi sebaiknyalah kita menyesuaikan diri sesuai dengan karakter dan nilai-nilai yang sudah ada dalam diri kita, namun kalau diri kita belum mampu dalam katergori itu dengan sendirinya kita harus berupaya mencapainya hal itu.

INOVASI DAN KEARIFAN, Setiap kesempatanberbuat sesuatu gagasan dan terobosan baru dalamsuatu system atau lingkungan dimana kita berada, sebaiknya kita harus memiliki naluri berdaya saing positifatau berinovasi kalau tidak, pasti kita akan berat menghadapi hidup ini pada masa sekarang ini, dimana telah memasuki era persaingan tekhnologi dan ilmu pengetahun yang begitu canggih, pasti membutuhkan suatusumber daya manusia yang handal dan penuh imajinasi dalam menghadapi era ini oleh karena suatu saat apa yang ada diluar sanaakan masuk kelingkungan kita baik secara langsung maupun tidak.

Kenyataan ini seharusnyakita yang ingin menjadi pribadi yang sukses dan kuatsaatnya harus peka, karena sikap ini nampaknya dipicu oleh kenyataan adanya kesenjangan kualitas sumber daya manusia yang bersaing tinggi dalam mengantisipasi munculnya fenomena yang mungkin bentuknyabermacam-macam, seiring dengan apa yang tergambar diatas tentunya SANG PEMIMPIN sudah bermacam – macam Inovasi yang dilakukan dalam memimpin baik lingkungan sendiri maupun pada lingkungan yang lebih besar dan luas lagi.

Penulis terkesan dengan salah satu Ungkapan oleh SANG PEMIMPIN Kota Palopo saat ini, beliau mengatakan bahwa“ Pengambilan Keputusan dengan cepat dan tepat, adalah suatu langkah untuk mengantisipasi dampak yang akan terjadi dikemudian” artinya disinilah tercermin Inovasi dan Kearifan sosok SANG PEMIMPIN dan KETOKOHANNYA, dalam pengambilan keputusan.

BERSINERGI DAN KERJASAMA. Salah seorang Ilmuan yang bernama Steven R. Covey, menyatakan bahwa“sinergi sebagai salah satu dari tujuh kebiasaan yang efektif”(Kutipan)
Dalam bersinergi dan kerjasama akan tercermin perbedaan nilai diri tiap-tiap individu, yang kalau kita mampu mengelolanya akan melahirkan team work yang solid, dimana nilai hasilnya akan jauh lebih besar, lebih dahsyat atau lebih unggul dibandingkan kalau dilakukan sendiri-sendiri makin besar kekuatan sinerginya dalam setiap kali berinteraksi dengan yang lain, maka akan semakin besar pula kemampuan yang di hasilkan , itulah diantara kunci menjadi kuat dan sukses.

Jadi kalau ingin menjadi yang kuat dan sukses, sebaiknya mampu bersinerji dan kerjasama, karena seorang yang pintar jika bertemu orang yang pintar akan bertambah pintar untuk itu bersinerji dan kerjasama yang diinginkan adalah yang positif, karena itu ada kalanya saling melemahkan dan saling melumpuhkan, makasebaiknya lakukanlah branchmarking (studi banding) ke tempat lain sebagai perbandingan, dan ini sangat penting dilakukan.

Hal ini agar pemikiran kita terus berkembang tidak mandek atau di situ-situ terus oleh karena itu jangan pernah meremehkan orang lain, setiap bertemu orang harus jadi sarana perubahan dan penambahan wawasan kita jangan merasa pintar sendiri, merasa yang terbaik, yang terbagus, maka sebaiknya kita telah menjadi yang terbodoh diantara kita yang ada, namun tetap ber-integritas.

Dalam hal yang tergambarkan diatas tentunya kita menilai bahwa SANG PEMIMPIN Kota Palopo, sangat relapan apa yang dilakukannya selama ini di Kota Palopo, karena sudah terbiasa dengan segala macam problema baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.

Jadi dalam kesimpulan penulis bahwa, untukinginmenjadi Kuat dan Sukses bercermin pada apa yang dilakukan oleh Sosok SANG PEMIMPIN Kota Palopo saat ini, selanjutnya semoga nantinya diakhir periode kedua beliau bisa membawa Kota Palopo semakin Maju , Inovasi dan berkelanjutan demi anak cucu kita sebagai masyarakat yang ada di kota Palopo yang begitu majemuk ini, namun yang pasti bahwa SANG PEMIMPIN akan mempersiapkan generasi pelanjut yang akan mewarisi sifat kepemimpinan dan ketokohannya yang khas itu, untuk melanjutkan perubahan di Kota Palopo ini. ..Insya Allah.. Aminn.(*)



Click to comment

Most Popular

To Top