FEMALE

Jadikan Pengalaman Sebagai “Guru” dalam Bekerja

Hj Nur Becce S.Sos M.Si
Sekretaris BKPSDM Palopo
Ketua Persit KCK Ranting V Padang Sappa

 

Edisi female hari ini mengulas karir seorang Pamong Senior di pemerintahan Kota Palopo. Adalah Hj Nur Becce S.Sos M.Si, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palopo.

Selain aktif memegang jabatan di pemerintahan daerah, Hj Nur Becce juga aktif di organisasi istri anggota TNI sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting V Padang Sappa Kodim 1403 SWG.

Istri dari Kapt Inf Arsyid yang merupakan Koramil V Padang Sappa saat ditemui di rang kerjanya di lantai 1 kompleks kantor Wali Kota Palopo unit BKPSDM menceritakan kisahnya sejak terangkat jadi ASN hingga saat ini.
Pelbagai pengalaman dilalui dan dilakukannya, menjadikan ia disegani di masyarakat. Hj Nur Becce sebelum menjadi Sekretaris BKPSDM Kota Palopo, ternyata juga pernah menjadi lurah, dan camat. Banyak kasus di masyarakat yang ia bisa selesaikan dengan damai, tanpa ada yang kecewa. “Pengalaman inilah yang sangat berharga saya dapat, dan ini lebih berharga dari ilmu teori, dan menjadi guru dalam bekerja,” ujarnya, Jumat 27 September 2019.

Awal karirnya sebagai seorang ASN dimulai sejak November tahun 1986 terangkat dan mendapatkan NIP. Lalu ditempatkan di Kantor Kecamatan Bua sebagai staf biasa. “Waktu itu saya langsung dapat eselon 5a dengan golongan IIc. Banyak orang tidak dapat itu ketika pertama kali terangkat,” sebutnya.

Setelah itu, naik menjadi Kasi Kesra di Kantor Kec. Bua dengan eselon 4a. Dianggap “matang” di pemerintahan kecamatan, ia lalu dipindah tugaskan sebagai Lurah Tompotikka, Kab. Luwu. Kala itu, Palopo belum berpisah dengan Luwu. Memegang jabatan lurah cukup lama, yakni 5 tahun.

Selanjutnya menjadi Kasubag di Bawasda Kab. Luwu, Lalu, Kabid Amdal di Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo. Lalu, kembali pindah ke Kab. Luwu dengan mendapat jabatan yang sama sebagai Kabid Amdal Kab. Luwu. Selanjutnya dipercaya sebagai Kepala Kecamatan Ponrang Kab. Luwu dari tahun 2012-2015. Lalu, sebagai Kabag Persidangan DPRD Luwu, dan kembali ke Pemkot Palopo sebagai Sekretaris BKPSDM Kota Palopo sejak 2016-sekarang.

Selama karirnya sebagai seorang ASN, Hj Nur Becce memiliki banyak kesan yang tidak bisa ia lupakan. Diantaranya saat menjabat sebagai Lurah Tompotikka, ia banyak bersosialisasi dengan masyarakat dan cerdas dalam menyelesaikan masalah.

Salah satunya, sewaktu menghadiri acara akad nikah polisi dengan polwan di daerah Jl Ahmad Razak. Saat itu bersama H Abdullah Sulung, tak ada yang mau naik mengaji. Dengan cekatan, ia langsung mengambil alih tugas sebagai qariah di acara nikahan tersebut. Sontak ibu-ibu yang di dapurpun keluar melihat Ibu Lurahnya mengaji.

Selama menjadi Lurah Tompotikka, ia juga aktif menggerakkan pemuda dalam bekerja bakti. “Jadi dulu itu Anak Belimbing, Anak Daratan nurut kalau saya perintah. Karena pendekatan kita dengan mereka juga beda. Harus bisa berimprovisasilah. Jangan langsung dengan sikap tegas, tetapi pelan-pelan. Terkadang kalau mereka ada acara, tidak dimulai kalau bukan saya yang buka,” sebutnya.

Selain itu, pengalaman yang tak kalah serunya, sewaktu menjadi Kepala Kecamatan Ponrang. Saat itu, ia berhasil memecahkan kasus sengketa tanah antar saudara kandung. “Empat camat berlalu, lima dengan saya, baru kasus sengketa tanah bersudara ini selesai,” kata alumni Stisipol Veteran Palopo ini.

Saat ditanyakan bagaimana caranya? Iapun menjelaskan, jika persoalan seperti ini harus dengan cara pendekatan kekeluargaan dan halus. “Jika ini diteruskan ke pengadilan akan menghabiskan banyak biaya, lalu, dimasukkanlah beberapa nasihat dari segi agama. Maka, kedua bersaudara akhirnya damai dan selesailah persoalan,” ungkapnya.

Dengan memegang jabatan penting di instansi BKPSDM dituntut harus cekatan dan rajin. Amanah yang diemban ini luar biasa. Pasalnya, dengan mengurus sekira hampir lima ribuan ASN se-Kota Palopo, setiap hari banyak berkas pegawai yang musti ditandatangani. “Kalaus ehari tidak masuk, mungkin karena sakit atau tugas luar, berkas yang menumpuk itu banyak sekali. Jadi harus rajin masuk kantor,” ujar alumni Magister UIT Makassar Jurusan Administrasi Pembangunan Daerah ini.

Meskipun sibuk di kantor, tetapi tugas sebagai seorang istri yang juga Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting V Padang Sappa juga sejalan. Terkadang harus mendampingi Bapak saat acara Kodim, berkumpul dengan ibu-ibu Persit.(idr)

Data Diri:

Nama : Hj Nur Becce S.Sos M.Si
TTL : Bua, 31 Desember 1962
Suami : Kapt Inf Arsyid (Danramil V Padang Sappa)
Anak : Ary Suprayitno
Asgariatno S.Kep
dr Sri Rahayu

Click to comment

Most Popular

To Top