FEMALE

Kagumi Toleransi Antar Umat di Toraja

Harini Rokhmah Zaenal S.S
Ketua Persit KCK Cabang XLI Kodim 1414/Tator

Hari ini diperingati sebagai HUT ke-74 TNI. Female edisi ini mengangkat profil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLI Kodim 1414/Tator, Harini Rokhmah Zaenal S.S.

Memperingati HUT TNI, iapun terjun langsung dalam melaksanakan sejumlah kegiatan sosial.
Kepada Palopo Pos, istri dari Dandim 1414 Tator, Letkol Czi Zaenal Arifin mengunjungi sejumlah tempat. Salah satunya dengan mengunjungi Fadly (16), bocah penderita tumor ganas pada bagian kakinya, di kediamannya di Lembang Rantetada, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Rabu (2/10/2019).

Dalam kunjungan tersebut Harini Rokhmah bersama 15 anggota Persit Chandra Kirana Cabang XLI Kodim 1414/Tator menghibur dan memberikan support kepada Fadly sebelum diberangkatkan ke Makassar untuk menjalani pengobatan berupa kemoterapi.

“Dengan kunjungan ini untuk memberikan semangat bagi Fadly agar tetap semangat untuk hidup dalam melawan penyakitnya. Kita hadir memberikan semangat, dengan bermain, dan makan bersama Fadly sebelum berangkat ke Makassar untuk melanjutkan pengobatannya” ungkap Harini kepada Palopo Pos, Kamis 3 Oktober 2019.

Lanjutnya, tidak hanya memberi support, Harini Rokhmah juga membawakan makanan ringan, susu, dan menyerahkan bantuan dana sebesar Rp10 juta yang diterima langsung oleh Fadly.

“Bantuan ini merupakan sumbangan dari donatur Hamba Allah yang dititipkan ke kami, dan kami serahkan ke Fadly untuk biaya pengobatan,” kata Harini.

Ia berharap dengan adanya support, dapat membuat Fadly semakin bersemangat, dan berjuang untuk melawan penyakitnya. Fadly usai operasi amputasi pada bagian kaki menjalani perawatan di rumah akan berangkat ke Makassar untuk kembali menjalani kemo.

Selain mengunjungi Fadly, Ketua dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana juga membantu dan mendampingi dalam hal menyiapkan makanan bagi para anggota TNI yang saat ini melaksanakan pembangunan Masjid Nurul Hikmah di Sumalu, Kec. Rantebua Kab. Toraja Utara, dan melaksanakan kegiatan donor darah, serta menjenguk anak anggota TNI yang sedang sakit.

Untuk selalu menjalin silahturahmi dengan ibu-ibu Persit lainnya, Harini yang sejak dulu hobi dengan olah raga senam yoga akan berencana membuat kegiatan rutin senam bersama. “Melakukan persiapan untuk mengikuti lomba lomba yang akan di gelar oleh pemda dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Selama beberapa bulan di Toraja, ia sangat kagum dengan tingkat toleransi antar umat beragama. “Toleransi antara umat beragama di Toraja sangat tinggi,” demikian kalimat tersebut merupakan ungkapan hati dari Harini Rokhmah yang baru beberapa bulan di Toraja.

Dikatakan, sebagai seorang istri perwira dirinya harus selalu mendampingi suami dimana pun di tugaskan, selain mengurus rumah tangga istri dari Letkol Czi Zaenal Arifin, M.Han ini aktif dalam organisasi persatuan istri anggota TNI sebagai ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK).

Sebelum bertugas mendampingi suami di Kodim 1414 Tator, Harini sebelumnya turut mendampingi sang suami berkeliling tugas. Mulai dari Danton Kizinubika Ditziad tahun 2001, lanjut sebagai Dankizi Nubika Ditziad tahun 2007.

Terus, Dandenzipur 12/OHH di Nabire Papua tahun 2013. Dansatdikta Pusdikzi Kodiklatad tahun 2017, Danyonzikon 14/SWS Menzikon Ditziad tahun 2018, Kabagtikanevzi Subditbintiknikzi Ditziad 2019, dan per Agustus 2019 di Kodim 1414 Tator hingga saat ini.

Harini mengungkapkan, jika sang suami merupakan lulusan Akademi Militer tahun 2000, seangkatan dengan Agus Harimurti Yudhoyono, putra pertama Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.(cr2/idr)

Data Diri:

Nama :  Harini Rokhmah S.S

TTL  : Semarang, 14 Februari 1979

Suami : Letkol Czi Zaenal Arifin, M.Han

Anak :
1. Rashif Muhammad Satria Al Arifin (Alm)

2. Hurrul Annaisyah Al Arifin (Kelas 8 Ponpes Al Khalifah, Cibubur, Jak-Tim)

Click to comment

Most Popular

To Top