Pendidikan

AM Safwan Beri Kuliah Umum BEM IAIN Palopo

* Citizen Reporter
Risaldi Alfauzie
(Mahasiswa Magang II IAIN Palopo)

PALOPO— Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAIN Palopo melaksanakan kuliah umum di TPA Masjid IAIN Palopo, Selasa 8 Oktober 2019. Koordinator JAKFI Nusantara, AM Safwan tampil sebagai narasumber pada kegiatan ini.

Untuk diketahui, kuliah umum ini merupakan salah satu program wajib BEM IAIN Palopo dengan melaksanakan Forum Group Discussion (FGD). Tema yang diangkat berbeda pada setiap pertemuan. Pada kuliah umum kali ini, mengangkat tema “Falsafah Cinta & Kerinduan: Derita dalam Kebahagiaan”.

Dalam forum tersebut, Safwan membahas berbagai hal yang menyangkut seputaran falsafah cinta dan menjelaskan bagaimanakah cinta yang sesungguhnya dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.

Menurutnya, forum-forum diskusi dengan pembahasan tersebut perlu dikembangkan. Hal ini dikarenakan setiap mahasiswa juga kelak akan berkeluarga sehingga dengan mengikuti forum ini, mahasiswa dapat tahu bahwa keluarga bukan hanya sekedar perasaan atau pemikiran, namun ada sebuah upaya untuk melihat sebagai suatu proses pencapaian bukan berkeluarga itu barang jadi harus diperjuangkan juga.

Lanjut dia, mahasiswa juga harus memperkuat hal-hal yang fundamental. Seperti, sebelum berbicara kepada masyarakat, berbicara tentang aksi-aksi di kalangan masyarakat yang pada akhirnya juga basisnya di keluarga. Olehnya itu, mahasiswa mau mengangkat pembahasan seperti ini.

Selanjutnya, Wahyu Sinaga selaku moderator berharap forum seperti ini harus dijaga dan dipertahankan. Tentu untuk membangun kembali literature atau budaya literasi dalam kampus sehingga menjadi kebiasaan untuk mengembangkan nalar dan membuka ruang kepada mahasiswa yang memiliki minat baik itu kajian maupun FGD.

Kuliah ini bersifat umum sehingga seluruh mahasiswa yang ada di kampus IAIN Palopo dapat bergabung. Dan mendapatkan ilmu tambahan dari materi yang disampaikan langsung oleh pemateri yang ahli dalam bidangnya.

Salah satu peserta kuliah umum yaitu Evi Nurlaili mengaku bangga dengan adanya forum seperti ini. Menurutnya kuliah umum ini sangat bagus karena mendatangkan pemateri yang berkualitas sehingga dapat menjadikan wadah bagi mahasiswa untuk mencari ilmu, selain di kelas juga mahasiswa dapat ilmu di luar kelas. Selain itu kuliah umum ini membuat mahasiswa menjadi lebih produktif dalam mengisi waktu kosongnya.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan dari panitia kepada pemateri yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir ditengah-tengah mahasiswa IAIN Palopo. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top