Ekonomi

Kini, Pegadaian Terima Jaminan Sertifikat

* Untuk Kredit Rp1 Juta hingga Rp200 Juta

PALOPO— Selama ini, PT Pegadaian (Persero) hanya menerima kredit/pembiayaan dengan jaminan emas, barang, dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Kini sudah melayani sertifikat tanah/rumah. Limit pinjaman mulai Rp1 juta hingga Rp200 juta dengan tenor 3 bulan hingga 360 bulan.

”Bunganya hanya 0,9 hingga 1 persen per bulan,” jelas Asisten Manajer (Asmen) Deputi Pegadaian Area Palopo, Amiruddin B yang ditemui di kantornya, Jl. Andi Kambo, Selasa, 8 Oktober 2019 kemarin.
Untuk diketahui, Deputi Pegadaian Area Palopo membawahi sembilan cabang se Luwu Raya, Sengkang, dan Toraja. Ke-9 cabang tersebut tiga di Palopo yakni Cabang Palopo di Jl. Andi Kambo, Cabang Pasar Sentra Jl. Durian, dan Cabang Syariah di Jl. Andi Tadda.

Kemudian dua cabang di Sengkang, serta masing-masing satu cabang di Belopa, Masamba, Rantepao, dan Malili/Sorowako.
Lanjut mantan Kepala Cabang Pegadaian Pasar Sentral Palopo ini, produk Gadai Sertifikat Tanah ini sudah berjalan hampir satu tahun. Sejauh ini mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Dan sudah puluhan miliar yang disalurkan pada sembilan cabang Deputi Area Palopo.

Gadai sertifikat ini diprioritaskan untuk usaha produktif pertanian, baik itu petani sawah, petani kebun, maupun petani tambak/nelayan. Namun juga ada pegawai pemerintah yang nyambi sebagai petani yang mengambilnya. Di Luwu Raya ini, utamanya wilayah Belopa, Masamba, dan Rantepao, banyak PNS yang bertani.

Prospek gadai sertifikat di Deputi Area Palopo cukup tinggi. Karena selama ini, masyarakat pikir kredit dengan jaminan sertifikat hanya berlaku di perbankan. Setelah tahu di Pegadaian juga ada, banyak nasabah bank yang pindah ke Pegadaian karena prosesnya cepat, praktis, dan bunga rendah.

Syarat mendapatkan kredit dengan jaminan sertifikat, yakni pertama, identitas diri terdiri foto kopi KTP suami istri, Kartu Keluarga (KK), buku nikah. Kedua, bukti pembayaran rekening listrik/telepon/foto kopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Ketiga, sertifikat asli. Dan keempat, foto kopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) apabila terdapat bangunan.

Berikut simulasi pinjamannya. Kredit Rp10 juta, angsuran pengembalian Rp933.400 per bulan untuk tenor satu tahun. Total pembayaran hanya Rp11.200.800. (ikh)

Produk Gadai Sertifikat

* Pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah/rumah
* Limit pinjaman Rp1 juta hingga Rp200 juta
* Tenor 3 bulan hingga 360 bulan.
* Bunga 0,9 hingga 1 persen per bulan
* Simulasi kredit;
– Pinjaman Rp10 juta
– Angsuran Rp933.400/bulan
– Tenor satu tahun / 12 bulan
– Total pembayaran Rp11.200.800.

* Syarat;
– Identitas diri; FC KTP suami istri, Kartu Keluarga (KK), buku nikah.
– Rekening listrik/telepon/ FC PBB.
– Sertifikat asli.
– FC IMB apabila terdapat bangunan.

* Sumber: Deputi Pegadaian Area Palopo. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top