Luwu

Kursi Wakil Ketua II Kosong

ilustrasi

BELOPA-DPRD kabupaten Luwu hari ini menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap unsur pimpinan DPRD Luwu periode 2019-2024. Berdasarkan hasil Pemilu 2019, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi parpol peraih kursi terbanyak sehingga layak mendapat posisi sebagai ketua DPRD. Kemudian diikuti Perindo sebagai pemenang kedua yang menduduki jabatan wakil ketua I, dan Golkar sebagai pemenang ketiga yang dipastikan menduduki posisi sebagai wakil ketua II. Adapun, partai Golkar belum sama sekali mengajukan nama kader mereka yang duduk di parlemen untuk menduduki posisi wakil ketua.

“Kita telah telah menerima surat keputusan (SK) defentif unsur pimpinan DPRD Luwu dari gubernur Propinsi Sulawesi Selatan untuk ketua dan wakil ketua I DPRD Luwu masa jabatan 2019-2024. Insya Allah, besok (hari ini) para calon unsur pimpinan ini akan dilantik dan diambil sumpahnya,” katanya, siang kemarin.

“Saat ini kita sudah buatkan undangan untuk rencana rapat paripurna pengambilan sumpah unsur pimpinan DPRD Luwu. Pelaksanaan pelantikan akan digelar Rabu, hari ini, ” ungkap Ahyar.

Ahyar Kasim mengatakan, Kamis lalu (26/9) telah dilaksanakan penetapan unsur pimpinan defenitif, dan secara de facto saat itu sudah ada Ketua DPRD Luwu defenitif dan Wakil Ketua I DPRD Luwu defenitif, yairu Rusli Sunali dan Mappatunru melalui Surat Keputusan DPRD Kabupaten Luwu nomor 52/DPRD/IX/2019 tentang Penetapan Usulan Calon Pimpinan DPRD Luwu masa jabatan 2019-2024.

“Ketua DPRD Luwu defenitif dan Wakil Ketua I DPRD Luwu defenitif secara de facto sudah ada. Nah, pelaksanaan pelantikan hari Rabu mendatang adalah bentuk de jure-nya, ” kata Ahyar Kasim.

Sesuai mekanisme lanjut dia, peraturan perundang-undangan yang berlaku, untuk Wakil Ketua II DPRD Luwu defenitif belum ditetapkan melalui paripurna, karena masih terkendala syarat. Bahkan sampai saat ini pihak sekretariat DPRD belum menerima rekoemndasi dari Golkar.

“Syarat untuk ditetapkan menjadi Wakil Ketua II DPRD Luwu, harus ada rekomendasi dari Parpol yang bersangkutan. Dalam hal ini Partai Golkar Luwu. Sampai hari ini kami belum menerima rekomendasi dari DPD II Golkar Luwu menyangkut siapa anggota DPRD Luwu yang dia tunjuk untuk menjabat Wakil Ketua II DPRD Luwu, ” terangnya. (and/rul)

Click to comment

Most Popular

To Top