Luwu Utara

Indah Bertemu Ratusan Petani

*Sukseskan Program READSI

LUTRA–Sebanyak 28 KWT (Kelompok Wanita Tani) di Kecamatan Malangke Barat menjadi penerima bantuan program READSI (Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Initiative) dari Kementerian Pertanian RI.

Hal itu diungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Alauddin Sukri pada kegiatan Hari Temu Lapang Petani (Farmer’s Field Day) yang dipusatkan di Lapangan Desa Arusu, Malangke Barat, Rabu, 9 Oktober 2019.

“Output dari giat kita hari adalah jumlah petani yang memiliki informasi tentang teknologi baru komiditas tanaman pangan, terutama komiditi padi dan non padi (jagung, buah, sayuran, dan pekarangan) meningkat minimal 50 orang/kegiatan/komoditi,” terang Alauddin.

Sementara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menuturkan READSI merupakan program yang digulirkan pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan.

“Saya minta sediakan data base awal berjalannya program ini hingga tahun kedua untuk kita evaluasi. Dua tahun nanti menjadi penentu untuk suksesnya program ini hingga lima tahun,” kata Indah.
Di Hari Temu Lapang Petani ini, Indah berharap ada penguatan kelembagaan.

“Juga terjadi transfer ilmu, saling berdiskusi, bertukar pikiran, dan pengalaman, sekaligus mencari solusi atas masalah yang biasa terjadi. Saya juga ingin melihat ada perubahan yang nyata dari kelompok penerima program. Kalau program ini sukses, Pemda akan mereplikasi. Luwu Utara harus menjadi contoh sukses program READSI, terjadi pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan yang akan dipetik hasilnya secara ekonomi oleh petani,” harap Indah.

Pada temu lapang yang dihadiri ratusan petani tersebut, Bupati Indah didampingi Kadis DKP Alauddin Sukri, Kadis TPHP Armiady Rasyid, dan Camat Malbar Sulpiadi memanen sayuran segar tanpa pestisida di KWT Rajawali dan KWT Mula Harapan.(hms/ded)

Click to comment

Most Popular

To Top