Kriminal

23 Oktober, Ops Zebra Dimulai

*Pengendara yang Melanggar Langsung Ditilang

PALOPO–Siap-siap, mulai minggu depan kepolisian melakukan razia Operasi Zebra 2019, tepatnya akan dimulai hari Rabu 23 Oktober dan berakhir 5 November 2019 mendatang.

Operasi Zebra 2019 ini berlangsung dalam skala nasional untuk memberikan kondisi lalu lintas yang aman, dan nyaman hingga akhir tahun mendatang.
Dalam kegiatan ini, tentunya akan ada penindakan kepada pengguna kendaraan yang tidak memenuhi semua aturan.

Pastinya penindakan tersebut akan mengacu pada Undang-undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Kasat Lantas Polres Palopo, Iptu Ramli, mengatakan, Operasi Zebra dilakukan setiap tahun selama 14 hari, dan masing-masing Polda di seluruh Indonesia juga ikut menggelar kegiatan serupa.
Dengan fokus penindakan yang berbeda-beda, namun tujuannya sama untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman.

“Guna menciptakan kondisi aman dan nyaman di jalan menjelang akhir tahun, akan ada operasi zebra yang dilaksanakan 23 Oktober sampai 5 November 2019,” katanya saat dihubungi Palopo Pos, Kamis, 17 Oktober 2019 kemarin.

Sasaran utama pada operasi ini adalah administrasi kendaraan bermotor maupun pengemudi kendaraan bermotor seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), hingga Surat Izin Mengemudi (SIM).

Selain itu, sasarannya juga mengarah ke pengemudi yang melebihi kapasitas muatan dan orang termasuk truk ODOL (over dimension and over loading), pengemudi di bawah umur, menggunakan narkoba dan mabuk, lawan arus, maupun yang melebihi batas kecepatan serta menggunakan komponen tak sesuai aturan.

“Saya baru-baru pulang rapat koordinasi terkait Ops Zebra di Polda Sulsel, hasilnya akan kita terapkan saat Ops Zebra, nanti,” tegas pengganti AKP Abdul Rahman. (ded/him)



Click to comment

Most Popular

To Top