Metro

Alkep DPRD Belum Dibentuk, Kinerja DPRD Terhambat

TOMPOTIKKA-Pasca dilantik tanggal 2 September lalu, aktivitas wakil rakyat Kota Palopo hingga kini belum efektif. Pasalnya, usulan dari partai politik pemilik kursi di lembaga legislatif ini untuk pembentukan alat kelengkapan (Alkpe) DPRD belum dituntas. Bahkan, pimpinan sementara DPRD Palopo baru saja menyelesaikan pembentukan fraksi dan tata tertib (Tatib) DPRD yang merupakan tugas pimpinan sementara. Mana lagi pelantikan calon pimpinan definitif belum dijadwalkan.

Anggota fraksi Nasdem, Muhammad Mahdi menilai dengan lambannya pembentukan Alkep DPRD ini akan berinflikasi terhadap kinerja anggota DPRD. Kondisi berbeda dengan beberapa daerah lainnya di Luwu Raya yang sudah menyelesaikan tugas pimpinan sementara. “Jika ini serba lambat dilaksanakan akan mempengaruhi kinerja anggota DPRD yang membiarkan waktu terbuang tanpa aktivitas berarti.,” katanya, di ruang kerjanya, siang kemarin.

Sedangkan keberadaan Pimpinan DPRD sementara tidak bisa berperan dalam menggerakan fungsi legislasi sebagaimana diamanatkan Peraturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD. Sedangkan pekerjaan untuk membahas RAPBD 2020 sudah di depan mata.

“Pimpinan DPRD sementara hanya menyusun draft Tatib. Untuk pembahasan finalnya itu nanti melalui pimpinan definitif. Karena di sana semua alat kelengkapan dewan pun sudah terbentuk,” terang Mahdi yang juga ketua Pansus Tatib DPRD ini. (rul)



Click to comment

Most Popular

To Top