Metro

Palopo Respon Kebijakan Pro Disabilitas

PALOPO–Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Ke I Peningkatan Kapasitas Pengurus Organisasi Disabilitas dan Stakeholder Terkait Guna Mendorong Pembentukan Kebijakan Responsif Disabilitas di Kota Palopo.

Kegiatan FGD yang akan berlangsung selama dua (2) hari mulai tanggal 18 hingga 19 Oktober 2019 dilaksanakan di Hotel Bunga Melati Residence, Jln. Anggrek Kota Palopo, Jumat 18 Oktober 2019.

Laporan Ketua PPDI Kota Palopo, Muh.Aliah M.Ali, menyampaikan PPDI ini merupakan sebuah organisasi yang bisa mewadahi dari berbagai jenis penyandang disabilitas seperti tunanetra, tunawisma, tunawicara, tunarungu.

“Dengan berlatarbelakang yang berbeda dan jenis disabilitas yang berbeda, kami berkumpul dalam organisasi tersebut. yang sudah terbentuk selama 2 tahun ini yang di lantik langsung oleh Walikota Palopo sendiri pada waktu itu”.

Harapan yang paling penting untuk diperjuangkan adalah terbitnya perda disabilitas di kota Palopo yang sangat diharapkan. Karena penyandang disabilitas ini akan menjadi pemenuhan hak-hak dari penyandang disabilitas itu sendiri.

Mewakili Walikota Palopo, Kadis sosial Kota Palopo, Awaluddin sekaligus membuka kegiatan mengungkapkan kegiatan ini bisa memunculkan rekomendasi yang nantinya mungkin akan ada yang bisa diwujudkan. Melihat Penyandang disabilitas yang statusnya sama dengan kita, tetapi mereka adalah manusia memiliki potensi untuk bekerja.

Dirinya juga mengakui bahwa sebenarnya Dinas sosial Palopo sudah mengusulkan Perda, karena menurutnya itu adalah pintu kebijakan disuatu daerah. Setelah Perda terbit, mungkin bisa direncanakan akan ada Perwalnya, yang secara operasional agar perundangan-undangan itu bisa di pertanggung jawabkan dengan baik.

“Selain itu, ledepan kami akan berkoordinasi dengan perumahan. Yang dimana dilanjutkan dalam Perda bagaiman gedung pelayanan umum di Kota Palopo bisa memiliki fasilitas untuk penyandang disabilitas”

Tampak hadir pula Ketua PPDI Provinsi sulawesi selatan Bambang Permadi S., Ketua Dewan Pembina PPDI PALOPO, H.Subuhan, dan Wakil Sekretaris PPDI PROVINSI SULSEL, Hamzah Yamin. Sementara peserta dari organisasi Disabilitas, beberapa perangkat Daerah terkait dan CSO. (rls)



Click to comment

Most Popular

To Top