Metro

Wali Kota Harap Peran PD

*Untuk Hindari Terjadinya Banjir

TOMPOTIKKA-Kemarau yang cukup berkepanjangan nampaknya sudah berakhir. Musim hujan pun mulai berlangsung khususnya di Kota Palopo. Sementara, Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo sudah mengambil langkah agar banjir bisa dihindari. Bahkan, Wali Kota Palopo, mengharapkan perangkat daerah (PD) untuk mengambil peran dalam menghindari dan mengantisipasi banjir.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Palopo, Judas Amir, dalam pelaksanaan rapat koordinasi (Rakor) pelayanan pemerintahan terkait Tramtib Kota Palopo, di gedung Pola kantor Wali Kota Palopo, Kamis siang kemarin.

Adapun tujuan pelaksanaan ini adalah meningkatkan pelayanan pemerintahan serta menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan terutama dalam memasuki musim penghujan.

“Mari kita untuk terus melakukan kebaikan menghindari hal yang tidak kita inginkan dan mengajak orang yang ada disekeliling kita untuk tidak melakukan hal yang tidak pantas. Untuk itu saya berpesan bila ingin menyampaikan pendapat hendaklah dengan cara yang sesuai dengan prosedur, melaui cara yang toleran dan tertib,” katanya.

Untuk para kepala sekolah diharapkan juga ikut membantu menyampaikan kepada masyarakat akibat yang akan terjadi dari musim hujan.

Wali Kota meminta agar senantiasa menjaga Kota Palopo. Selain itu pula kepada Camat dan Lurah untuk selalu menjaga jangan sampai ada drainase yang tidak berfungsi. Sebab itu dapat menyebabkan banjir karena saat ini telah memasuki musim hujan.

“Mulai sekarang ini kita harus mempersiapkan itu semua. Sekarang musim hujan sudah tiba. Semua perangkat sebaiknya melakukan koordinasi sampai tingkat RT/RW untuk melakukan kegiatan dalam menghindari banjir. Salah satunya, perhatikan kebersihan saluran air agar tidak tersumbat,” katanya.

Sementara Kasdim 1403/Swg Mayor Martinus Pagasing menyampaikan dalam musim hujan ini harus selalu waspada datangnya bencana untuk itu sebagai pemerintah kita harus peduli dan berbuat.

Bahkan perlunya mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan termasuk membuang sampah ke sungai.

“Untuk itu, mari kita selalu menjaga silaturahmi khususnya di wilayah kota palopo serta Camat dan Lurah apapun permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat harus diselesaikan dengan baik sebagai pejabat pemerintah itu harus netral,” tandasnya.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Sekretaris Kota (Sekkot) Palopo, H.Jamaluddin, Para Asisten, Para Pimpinan Perangkat Daerah se-Kota Palopo, Camat, Lurah se-Kota Palopo, para Kepala SMA/SMK, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan ketua LPMK. (*)



Click to comment

Most Popular

To Top