Ragam

Legislator Sulsel Siap Kawal Lutra

* Terkait Program Percepatan Pembangunan Luwu Raya

MAKASSAR-– Setelah Bupati Lutim, giliran Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang mengadakan pertemuan dengan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKL-Raya) dan legislator Sulsel asal Luwu Raya. Kegiatan ini berlangsung di Restoran Pancious Hertasning, Makassar, Jumat, 18 Oktober 2019 sore kemarin.

Menurut anggota DPRD Sulsel, Dr H Husmaruddin SE MM kepada Palopo Pos, Jumat malam tadi, agenda pertemuan dengan Bupati Lutra sama dengan pertemuan Bupati Lutim, pekan lalu. Yakni penyerahkan hasil Lokakarya KKL-Raya terkait program Gubernur Sulsel tentang percepatan pembangunan Luwu Raya. Dan legislator Sulsel asal Luwu Raya siap mengawal program tersebut di DPRD Sulsel.

Pertemuan dengan Bupati Lutra juga untuk membangun hubungan emosional dalam mensinergikan program pembangunan Kab. Lutra, Provinsi Sulsel, dan pusat. Dalam pertemuan ini, Bupati Indah meminta kepada legislator Sulsel asal Luwu Raya untuk bersama-sama mengawal percepatan pembangunan strategis di Luwu Utara.

Seperti, program pembangunan segi tiga emas SulSel, Sulbar, dan Sulteng yang berpusat di Seko, Kab. Luwu Utara. Informasi yang dihimpun, Seko adalah titik tengah Pulau Sulawesi.

Selain itu, juga ada program pembangunan jalan provinsi yang menghubungkan Kab. Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur. Jalan ini melintas di pesisir Malangke (Lutra) dengan Walmas (Luwu) dengan pembangunan Jembatan Pombakka serta Jembatan Salu Jambu. Juga penanganan perkebunan kakao dan penggilingan besar untuk gabah di Lutra, dan sejumlah program strategis lainnya.

Husmaruddin juga meminta matriks kewenangan provinsi yang ada di Luwu Utara bidang infrastruktur, SDM, kehutanan, pertambangan, pendidikan, pertanian, DAS Rongkong, rencana aksi daerah pesisir Teluk Bone, serta kebudayaan.

”Beberapa di antaranya perlu dibuatkan Perda di Provinsi. Misalnya segi tiga emas Sulawesi di Seko, Perda Pengolahan Hasil Perikanan Kelautan, Perda tentang Kebudayaan, dan lain,’ kata Husmaruddin.
Pada pertemuan ini. Andi Hatta Marakarma memberi masukan untuk mengakomodir program strategis dalam perencanaan RPJMD. (ikh)



Click to comment

Most Popular

To Top