Utama

Luwu Raya dan Toraja Siaga Satu

* Polres-TNI Siap Amankan Jelang Pelantikan Presiden-Wapres

PALOPO – Pelantikan Presiden Joko Widodo dengan Wakil Presiden terpilih KH Maruf Amin dijadwalkan besok, Ahad 20 Oktober 2019. Di daerah, pengamanan juga diperketat, Luwu Raya siaga satu.

Ditandai dengan apel gelar pasukan (show force) kesiapan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI juga digelar Kepolisian Resor (Polres) Palopo, Jl Opu Tosappaile, Boting, Wara, Jumat (18/10/2019).

Dalam amanat seragam Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Mas Guntur Laupe, yang dibacakan Kapolres Palopo, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk turut mendukung puncak pesta demokrasi yang digelar, Minggu 20 Oktober 2019 mendatang.

“Kedepankan langkah proaktif dan deteksi dini, dorong seluruh masyarakat, pemerintah dan media. Gelorakan deklarasi aman dan damai di masing-masing wilayah, dan lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional,” kata AKBP Ardiansyah SIK.  Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden sebagai simbol negara, adalah penutup rangkaian Pemilu 2019, yang harus diamankan.

“Keberhasilan TNI Polri bersama Pemerintah dan masyarakat dalam Pilkada dan Pemilu lalu, menjadi referensi penting dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu tahun 2019 ini,” paparnya.

Lebih jauh, dirinya mengapresiasi seluruh personel dan stakholder yang terlibat dalam pengamanan.
“Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Palopo,” tutup Kapolres.

Diakhir apel, dirangkaikan “Show Force” mengelilingi wilayah Kota Palopo, sebagai simbol seluruh jajaran telah siap mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih.

Apel dihadiri Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, bersama unsur forkopimda Kota Palopo, sejumlah pimpinan perangkat daerah serta pimpinan instansi vertikal BUMN dan BUMD.

Luwu

Status siaga juga ditetapkan Polres Luwu, jelang pelantikan presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Jakarta, pada 20 Oktober mendatang.
Meski lokasi pelantikan bukan di wilayah hukumnya, kewaspadaan dinilai wajib ditingkatkan.

Kapolres Luwu, melalui Kasat Reskrim, AKP Faisal Syam menerangkan, siaga personel ini diterapkan pihaknya, demi menjaga kondusifitas Luwu. Oleh karenya jajaran kepolisian termasuk di Luwu ditegaskan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan.

Terlebih diperintahkan kepada anggota penjagaan dan piket fungsi harus lebih waspada terhadap tamu yang datang, dan pada malam hari tingkatkan patroli, kususnya terhadap perkantoran dan tempat ibadah.

“Ada peningkatan pengamanan di seluruh sektor Polres Luwu saat ini jelang pelantikan Bapak Presiden dan Wakil Presiden,” ujarnya, Kamis.
Peningkatan pengamanan ini dengan lebih rutin melaksanakan giat operasi. Ada peningkatan giat operasi seluruh satuan. Seperti cipta kondisi, operasi miras dan narkoba dan peningkatan pengawasan di pintu masuk dan keluar di Kabupaten Luwu.

“Kita sudah mulai memperlihatkan aktifitas yakni gelar cipta kondisi di malam hari, serta operasi miras dan narkoba,” katanya.

Lutim

Kepolisian resor (Polres) Luwu Timur mengelar apel bersama TNI dalam rangka pengamanan pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Priode 2019- 2024.

Pelantikan tersebut sedianya akan digelar Minggu 20 Oktober 2019 mendatang.
Apel dipimpin Kapolres Luwu Timur AKBP Leonardo Panji Wahyudi S.ik di halaman Mapolres Luwu Timur.

Dalam apel tersebut, Kapolres Luwu Timur memerintahkan kepada seluruh jajaran personil Polres Luwu Timur untuk melaksanakan siaga selama 3 hari kedepan sampai tanggal 20 Oktober 2019. “Saya mengajak kepada seluruh personil untuk selalu bersinergi dengan TNI dan utamanya dalam pelaksaan tugas masing- masing,” ucap perwira dua melati dipundak ini.

Toraja

Di Tana Toraja dukungan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden diberikan. Meskipun sedang berduka lantaran warganya di Wamena menjadi korban kerusuhan, perhatian dan harapan pada terwujudnya situasi yang kondusif pada pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019 – 2024 diwujudkan dalam bentuk sebuah kegiatan olahraga bersama bertajuk “Parade Kebangsaan”, Jumat (18/10/2019).

Parade Kabangsaan ini di ikuti oleh ribuan warga yang melebur bersama melakukan jalan santai keliling kota yang finish di Plaza Kolam Makale.
Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae bersama Wakil Bupati Tator Victor Datuan Batara menyatu dengan ratusan warga yang hadir melaksanakan senam bersama.

Nampak juga disisi kanan area, Dandim 1414 Tator Letkol Czi Zainal Arifin, M.Han, Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P Sirait SH SIK , bersama jajaran forkopimda ikut larut dalam suasana ceria yang tercipta.
Dengan semangat dan harapan pada terwujudnya Situasi Nasional Yang Kondusif, terikrar pernyataan sikap masyarakat Tana Toraja melalui deklarasi bersama.

“Atas nama masyarakat Tana Toraja, menyatakan menolak aksi unjuk rasa anarkis, menolak segala bentuk aksi radikalisme, dan aksi terorisme, dan mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2019 – 2024 Joko Widodo-Ma’ruf Amin,” isi pernyataan sikap dibacakan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae. (cr2/and/krm)



Click to comment

Most Popular

To Top