Utama

MPR Lantik Jokowi-Maruf Besok

* Sebagai Presiden-Wapres Periode 2019-2024

JAKARTA –– Ahad besok, 20 Oktober 2019, Joko Widodo kembali akan dilantik sebagai Presiden RI untuk kali kedua. Namun, wakilnya tak lagi HM Jusuf Kalla, tetapi KH Maruf Amin.

Pelantikan dilakukan di Gedung Nusantara MPR RI. Berbagai persiapan telah dilakukan Sekretariat MPR jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Gedung MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta Pusat, 20 Oktober nanti.

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Ma’ruf Cahyono mengatakan rangkaian acara pelantikan yang digelar dalam sidang paripurna MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta itu akan dimulai pukul 14.30 WIB.

“Rundown yang terakhir dimulai pukul 14.30 ya,” kata Ma’ruf di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019).
Pada rundown sidang paripurna MPR pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang diterima, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pada pukul 14.30 WIB.
Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo akan memimpin ritual mengheningkan cipta dan setelahnya langsung membuka sidang paripurna MPR.

Acara dilanjutkan pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR. Kemudian pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden serta penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Acara selanjutnya adalah pertukaran tempat duduk wakil presiden, dari Jusuf Kalla ke Ma’ruf Amin. Setelahnya, Presiden Jokowi akan membacakan pidato sebagai presiden periode 2019-2024.
Usai pembacaan pidato presiden, pimpinan MPR melanjutkan sidang paripurna dan diakhiri dengan pembacaan doa sebelum sidang paripurna ditutup.

Mobil Sewa

Khusus untuk tamu kepala negara yang akan menghadiri acara pelantikan ini, pihak Istana Negara telah menyiapkan 18 unit mobil kelas premium untuk menjemput dan mengantar mereka di Kompleks Parlemen DPR/MPR di Senayan, Jakarta.

Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden menjelaskan bahwa untuk tingkatan kepala negara, pihaknya menyediakan mobil Mercedes-Benz tipe S450L. Sedangkan untuk level utusan negara akan menggunakan Mercedes-Benz E300.

“Kami memberikan yang terbaik kepada tamu negara yang hadir di pelantikan Bapak Presiden?. Sesuai permohonan Ibu Menlu, kami siapkan 18 kendaraan premiun S450L untuk kepala negara dan selevel utusan adalah E300,” papar Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Heru Budi Hartono melanjutkan bahwa beberapa kepala negara akan tiba mulai Sabtu (19/10/2019). Setibanya di Bandara Soekarno-Hatta ataupun Bandara Halim Perdanakusuma, mereka akan menaiki mobil yang disiapkan pihak Istana Kepresidenan serta dikawal menuju hotel hingga esok harinya ke DPR/MPR.

“Kepala negara yang hadir dari Brunei, Malaysia, Singapura, Australia, ?Myanmar, Filipina. China dan Vietnam adalah Wakil Presiden. Amerika Serikat adalah utusan, dan Thailand adalah deputi,” imbuhnya, seraya menambahkan bahwa biaya untuk penyewaan selama empat hari mencapai Rp 1 miliar. (idr)



Click to comment

Most Popular

To Top