Advetorial

Tips Aman dan Nyaman Buat Digital Nomad

ilustrasi

DIGITAL nomad merupakan sebuah istilah untuk profesi di mana seorang memutuskan untuk bekerja secara lepas dan memanfaatkan teknologi sehingga tidak terikat oleh waktu dan tempat. Seorang digital nomad dapat bekerja kapanpun dan tanpa perlu pusing memikirkan bangun pagi ataupun bekerja lembur sampai larut malam di kantor.

Seorang Digital Nomad pun juga tidak perlu setiap hari datang ke kantor karena mereka dapat bekerja di mana saja seperti hanya dengan di rumah saja. Sama seperti seorang pekerja Freelance, Digital Nomad memiliki fleksibilitas dalam mengerjakan pekerjaannya.

Bekerja di dunia digital ini membuat seseorang fleksibel untuk kerja dari mana saja. Maka dari itu beberapa orang akhirnya memilih untuk menjadi digital nomaden atau digital nomad. Pastikan kamu sudah memiliki kemampuan yang mumpuni dan juga perangkat kerja sendiri untuk bisa sukses dalam menjalani profesi ini.

Tips Sukses Menjadi Digital Nomad

Menjadi seorang digital nomad pastinya memiliki tantangan tersendiri. Apalagi bagi seseorang yang baru saja memulai profesi ini pasti pusing dengan proyek yang tak kunjung datang. Menjadi digital nomad pun perlu kesabaran dan juga usaha yang tinggi, berikut ini adalah tips untuk menjadi digital nomad yang sukses.

  • Pilih Bidang Yang Benar-Benar Dikuasai

Untuk menjadi digital nomad yang sukses pastinya kamu harus memilih bidang pekerjaan yang kamu sukai dan tentu kamu kuasai dengan betul. Jika kamu suka menulis, kamu bisa memanfaatkan keahlian kamu menjadi seorang blogger yang dapat memanfaatkan Adsense. Ataupun jika kamu sangat teliti dalam menginput data, kamu bisa melamar menjadi seorang data entry.

  • Gunakan Aplikasi atau Sarana Digital Dengan Maksimal

Beberapa orang menyatakan bahwa media sosial itu toxic dan dapat mempengaruhi mental. Nyatanya kalau kamu menggunakan media sosial dengan baik kamu dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan.

Banyak platform media sosial  yang digunakan untuk mempromosikan pekerjaan freelance. Maka dari itu buatlah akun-akun di website pekerjaan dan buatlah cv pribadi kamu semenarik mungkin. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk dilirik oleh perusahaan yang membutuhkan pekerja lepas atau digital nomad ini.

  • Buat portofolio

Kamu tentunya mempunyai hasil karya dari pekerjaan sebelumnya. Jangan disimpan saja, kumpulkan semua portofolio kamu dan susun dalam bentuk yang mudah dibaca. portofolio ini akan memudahkan kamu untuk melamar ke perusahaan yang membutuhkan seorang pekerja lepas. Dari portofolio yang kamu kumpulkan akan kelihatan di bidang mana yang kamu sangat kuasai.

  • Tentukan Waktu Bekerja Secara Benar

Menjadi digital nomad yang sukses tentunya harus pintar dalam membagi waktu antara bermain dan bekerja apalagi untuk kamu yang baru akan memulai pekerjaan ini. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan yang tidak tentu datangnya. Seorang digital nomad profesional juga punya tantangan tersendiri selayaknya pegawai kantoran biasa.

Fenomena Digital Nomad

Pada saat ini pekerjaan yang ditawarkan untuk para pekerja lepas semakin beragam. Mulai dari penulis, pekerja seni seperti para desainer, programer, data entry, dan masih banyak lagi jenis pekerjaan lainnya. Bahkan pekerjaan jarak jauh menggunakan internet ini mampu mengubah pola pikir banyak anak muda saat ini.

Pada saat ini banyak orang merasa bahwa pekerjaan tetap tidak lagi diperlukan karena dengan bekerja secara lepas pun, sudah mampu menghasilkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Fenomena ini tentu makin seru dengan hadirnya para pelancong yang juga merupakan pekerja lepas.

Hanya saja meski profesi ini makin laris, ketidakstabilan pendapatan harus dipikirkan. Perencanaan keuangan yang matang, termasuk pengelolaan dana di pos-pos seperti pengeluaran harian hingga dana darurat.

Tidak kalah penting untuk dimiliki oleh digital nomad  adalah asuransi terutama asuransi kesehatan demi menghindari risiko finansial yang terjadi.

Mereka inilah yang disebut dengan digital nomad. Mereka adalah para pelancong yang menghabiskan hampir seluruh tahun hidup berpindah-pindah untuk memuaskan keinginan mereka untuk bepergian ke banyak kota dan negara yang berbeda. Dengan gaya hidup seperti ini tidak mungkin rasanya mereka bekerja tetap di satu kantor. Oleh karenanya mereka bekerja menggunakan internet sebagai pekerja lepas.

Seorang digital nomad tidak memiliki keterikatan waktu dan tempat dalam bekerja sehingga mereka bisa independen untuk mengerjakan suatu jenis pekerjaan yang sesuai dengan hati dan minat mereka. Selama jaringan internet, seorang digital nomad sudah bisa bekerja dengan lancar.

Semoga Bermanfaat. (*)

 



Click to comment

Most Popular

To Top