Utama

Pembahasan APBD 2020 Sudah Mendesak

* Tugas Awal Pimpinan DPRD Palopo Definitif

PALOPO — Tiga unsur pimpinan DPRD Kota Palopo sudah definitif. Mereka sudah mengucapkan sumpah yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri Palopo, Rabu 30 Oktober 2019, pada sidang paripurna istimewa DPRD Palopo.

Mereka adalah Hj Nurhaeni Aziz sebagai Ketua DPRD Kota Palopo, Abd Salam SH sebagai Wakil Ketua I, dan Irvan Madjid, ST sebagai Wakil Ketua II.

Setelah melalui proses yang sangat sakral ini, mereka sudah dituntut untuk action. Yakni, menuntaskan sejumlah agenda penting yang sudah menghadang. Misalnya, pembentukan alat kelengkapan, pengesahan tatib DPRD, dan pembahasan APBD Pokok 2020.

Pasca pengambilan sumpah dan pelantikan tiga pimpinan definitif DPRD Palopo, Baharman Supri selaku Ketua DPRD Sementara, dan Efendi Sarapang resmi mengakhiri tugasnya.

Di rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah tiga unsur pimpinan definitif, Baharman Supri yang tampil santai memimpin jalannya rapat, mengundang beberapa kali tepukan dari pimpinan PD dan anggota DPRD yang mengikuti rapat paripurna istimewa tersebut.
Itu ketika anggota DPRD asal Partai Golkar membacakan pesan moral to maccanya Luwu.

Baharman juga menguraikan prinsip kedaulatan rakyat yang menjadi pedoman kehidupan Andi Djemma Datu Luwu, prinsip kedaulatan rakyat menjiwai dasar konstitusi politik kerajaan Luwu yang dinyatakan dalam kaidah yang berbunyi “Luka Taro Datu, Teng Luka Taro Ade
Luka Tari Ade, Teng Luka Taro Anang, Luka Taro Anang, Tenga Luka Tari To Maega”.

Yang secara berarti “batal kemauan raja, bila bertentangan dengan kemauan para menteri. Batal kemauan para menteri, bila bertentangan dengan kemauan para pemuka-pemuka masyarakat. Batal kemauan seluruhnya, bila bertentangan dengan kemauan seluruh rakyat Luwu”.
“Prinsip kedaulatan rakyat itu pula yang telah menjadi pedoman yang menjiwai seluruh kehidupan Andi Djemma,” sebut Baharman dan disambut tepuk bergemuruh undangan yang hadir.

Kemudian diselingi dengan kalimat-kalimat motivasi sejumlah tokoh dunia. Seperti Aristoteles. Dia adalah seorang filsuf Yunani, murid dari Plato dan guru dari Alexander Agung. Kemudian motivasi beberapa tokoh dunia lainnya.

Ia juga sesekali meminta kepada hadirin untuk bertepuk. Ajakan Baharman langsung direspon dan hadirin kemudian bertepuk hingga menggema. Jalannya sidang paripurna berlangsung lancar dan tertib.

”Tugas kami sudah selesai. Salah satunya adalah memfasilitasi pelantikan pimpinan DPRD definitif. Kemudian kami juga sudah laksanakan beberapa kegiatan pembentukan alat kelengkapan dewan dan pembentukan pansus,” sebutnya.

Keduanya dinilai cukup berhasil mengantarkan pelantikan pimpinan DPRD definitif. Roda organisasi berjalan baik.

Bangun Sinergitas

Ketua DPRD Sementara, Baharman Supri dalam sambutannya mengatakan, selama masa kepemimpinannya kurang lebih 59 hari sudah menyelesaikan semua tugasnya yakni membentuk fraksi, memfasilitasi pembentukan tata tertib termasuk memfasilitasi pelaksanaan pelantikan pimpinan definitif.

Di tempat ini, politisi Golkar ini banyak menyampaikan kata-kata bijak yang membuat para peserta yang hadir memberikan apresiasi. “Pada akhirnya, tugas pimpinan sementara sudah kami selesaikan dan menyerahkan palu sidang ini kepada pimpinan definitif,” terang Baharman.

Sementara, ketua DPRD definitif, Hj Nurhaeni mengatakan dalam mengemban amanah tersebut pihaknya berharap dukungan dari masyarakat. Nurhaeni mengakui berbagai agenda telah menanti DPRD Palopo ke depan.

Oleh karena itu, dengan tampuk kepemimpinan yang diembannya sebagai ketua DPRD mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat Kota Palopo. “Dengan terbentuknya pimpinan baru ini kiranya fungsi DPRD bisa berjalan optimal,” katanya, seraya menambahkan, jika DPR RI dipimpin Puan Maharani, DPRD Sulsel dipimpin Puan Ina, maka di DPRD Palopo ada Puan Nunu alias, Hj Nurhaeni.

Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso menyerukan agar eksekutif (Pemerintah) dan legislatif (DPRD) memperkuat sinergitas dalam membangun Kota Palopo ke depan. “Berbagai program yang akan kita akan laksanakan ke depan. Untuk itu, mari perkuat sinergitas ini karena DPRD merupakan bagian dari pemerintah,” kata RMB, sapaan akrab Wawali Palopo ini.

Ia memandang dengan keberadaan para anggota DPRD yang merupakan generasi milenial sebagai referesentase anak muda menandakan Kota Palopo menuju arah yang lebih baik. Termasuk keberadaan kaum perempuan yang mencatatkan sejarah di Kota Palopo sebagai ketua DPRD pertama.

Tak lupa RMB menekankan jika anggota DPRD tidak boleh Ga paham tekhnologi (Gaptek) dengan era kemajuan tekhnologi saat ini. “Ini pertanda baik Palopo ke depan. Perempuan menunjukan kasih sayang. Ahli dalam perawat, serta harmonis Insya Allah program ke depan akan berjalan dengan baik,” katanya. (rul/ary-idr)



Click to comment

Most Popular

To Top