Utama

Formasi Guru Terbanyak

* 63.324 dari 152.286 Formasi CPNS 2019

PALOPO — Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyiapkan pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus untuk guru dengan kuota terbanyak, yaitu 63.324 formasi.

Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, formasi guru yang paling banyak dibuka pada tahun ini. Ada sekitar 63.324 formasi guru disiapkan dalam lowongan CPNS 2019.
“Sekitar 63 ribuan untuk guru dibuka. Jadi, siapa saja yang termasuk honorer dan memenuhi persyaratan silakan daftar,” kata Setiawan, Rabu (30/10).

Menurut Setiawan, mendominasinya formasi guru pada CPNS 2019 ini, merupakan salah satu usaha untuk memenuhi kebutuhan guru, yang setiap tahun puluhan ribu guru pensiun. Terlebih, untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar yang berstatus sebagai PNS.
“Dengan target setiap tahunya bisa mencapai mendapatkan 100 ribu guru PNS,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana menyatakan, sulitnya untuk memenuhi kebutuhan guru PNS langsung dalam satu tahun. Sebab, ada dua faktor yang menjadi kendala. Pertama beban fiskal besar untuk rekrutmen, kedua karena pendaftarnya tidak ada.

Terlebih lagi, pemerintah tidak bisa untuk memenuhi langsung dengan membuka lowongan khusus PNS guru. Sebab, pemerintah harus berbagi formasi dengan lowongan di instansi lainnya.
“Pemerintah akan melakukan secara bertahap agar lima tahun ke depan bisa mencapai target memenuhi semua guru,” katanya.

Kendati demikian, dirinya akan berusaha untuk menutupi kekurangan tenaga guru selama lima tahun kedepan. Rencanannya, setiap tahun pemerintah akan menyiapkan 100.000 formasi untuk CPNS guru.
“Untuk itu bertahap, lima tahun ke depan memenuhi semua guru, tidak mungkin satu tahun dipenuhi,” ujarnya.

Bima berharap, daerah juga bisa menyiapkan calon tenaga guru terbaik, guna mengisi kebutuhan guru. “Ini juga harus disiapkan oleh daerah, untuk menyiapkan calon tenaga guru terbaik,” imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK) Muhadjir Effendy menambahkan, pihaknya bakal mengusahakan jatah guru honorer bakal terus ada dalam penerimaan PNS/ PPPK, meski jumlah tenaga honorer yang lolos jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018-2019 masih di bawah kuota yang disediakan.

“Memang kuota yang kita usulkan ke Kementerian PANRB ternyata enggak bisa dipenuhi oleh guru honorer,” kata Muhadjir. Muhadjir juga menyampaikan, akan berkoordinasi dengan beberapa kementerian terkait hal ini Koordinasi 4 kementerian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Kementerian PANRB, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jadi 4 pihak itu terutama yang harus duduk bersama ke depan. Tapi mudah-mudahan saya harap dengan menteri baru nanti akan melanjutkan, itu kan karena sudah merupakan semacam program jangka panjang dari Kemendikbud sampai 2024. Kecuali kalau nanti ada solusi lain, terobosan baru,” pungkasnya.

Dapat diketahui, pendaftaran CPNS 2019 akan dimulai pada 11 November 2019. Total yang dibuka 152.286 formasi dengan rincian, Instansi pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.

Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cum laude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat. (idr)



Click to comment

Most Popular

To Top