Utama

Formasi CPNS Luwu Raya Didominasi Guru

ilustrasi

PALOPO — Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara serentak sesuai jadwal dimulai, Senin 11 November 2019, mendatang.  Empat daerah di Luwu Raya telah menerima kuota formasi yang direkrut. Didominasi tenaga pendidik (guru), dan tenaga kesehatan. Dimulai dari Pemerintah Kabupaten Luwu dengan mendapat alokasi kuota 185 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu, Sulaiman mengatakan, berdasarkan Keputusan Menpan dan RB Nomor 365 Tahun 2019 Tanggal 27 september 2019 tentang Penetapan Kebutuhan PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Luwu Tahun Anggaran 2019, maka formasi yang akan dibuka yakni tenaga pendidikan, tenaga tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

“Secara rinci formasi yang dibuka yaitu tenaga pendidik 103 orang, tenaga kesehatan 37 orang, tenaga teknis 45 orang,” kata Sulaiman saat dikonfirmasi, awal pekan lalu.

Menurut Sulaiman, pengumuman dan pendaftaran resmi masih menunggu petunjuk dari pusat. “Siapkan diri dari sekarang, siapkan berkas administrasi dan persiapan mengikuti ujian, dan yang penting jangan percaya calo, seleksi CPNS tidak dipungut biaya apa pun, pendaftaran dilakukan secara online melalui https://sscasn.bkn.go.id/,” ucapnya.

Sulaiman menambahkan, Kabupaten Luwu masih membutuhkan banyak PNS karena pegawai yang pensiun akhir tahun ini lebih banyak daripada yang akan diterima. “Jumlah PNS yang pensiun tahun ini sekitar 210 orang, sementara formasi penerimaan hanya 185 orang,” ujarnya.

Palopo

Pemkot Palopo juga telah menerima rincian formasi dari KemenPAN-RB. Dikatakan Kepala BKPSDM Palopo, Farid Kasim Judas melalui Sekretaris BKPSDM, Hj Nur Becce, tahun ini Pemkot Palopo mendapat 134 formasi.

Untuk tenaga kesehatan sebanyak 50 orang. Lalu, tenaga pendidik sebanyak 43 orang, dan tenaga teknis sebanyak 41 orang.
Hj Nur Becce mengatakan,kalau jumlah yang didapatkan sama dengan jumlah usulan yang dimasukkan ke KemenPAN-RB beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah usulan kita diakomodir. Meskipun jumlah itu masih sangat kurang untuk menutupi banyaknya posisi yang lowong saat ini,” ungkapnya.

Lutra

Kabupaten Luwu Utara mendapatkan jatah kurang lebih 151 CPNS pada penerimaan CPNS tahun 2019.
Dari 151 kuota tersebut, formasi tenaga pendidik (guru) paling banyak, yakni kurang lebih 95 orang, disusul tenaga teknis 31 orang, dan tenaga kesehatan sebanyak 25 orang.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Luwu Utara, Nursalim Ramli kepada Palopo Pos, Minggu 3 November 2019.
Menurut Nursalim, kuota Lutra terbanyak kedua setelah Kabupaten Luwu. ”Alhamdulillah kita mendapat 151 kuota CPNS untuk tahun ini,” sebut Nursalim.

Terkait kapan pendaftaran CPNS, Nursalim mengatakan masih menunggu petunjuk dari pusat. Pasalnya, pendaftaran juga secara online, jadi semua bisa ikut mendaftar asal ada formasinya.

”Saat ini kita menunggu Permen PAN Pelaksanaa dan Permen PAN tentang passing grade yang hingga saat ini belum terbit. Jadi kita tunggu Permen PAN tersebut,” tandasnya.

Lutim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur mendapat 111 alokasi formasi dalam rekruitmen CPNS tahun 2019.
Hal itu disampaikan, Kepala BKPSDM Luwu Timur, Kamal Rasyid, bahwa berdasarkan surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara,Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Pemkab Luwu Timur mendapat 111 alokasi formasi CPNS tahun 2019.

“Kalo formasi sudah ada mi, tapi masih menunggu Juknis selanjutnya untuk pengumuman lebih lanjut,”kata Kamal
Sementara, Berdasarkan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor B/1069/ M. SM. 01.00/ 2019, Pendaftaran CPNS dijadwalkan pada tanggal 11 November 2019, secara online melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara.
Sedangkan di Luwu Timur, tanggal pendaftaran untuk CPNS belum dapat dipastikan begitupun dengan pengumuman formasi yang diterima.

“saat ini Pemda belum bisa memastikan, belum ada instruksi resmi dari BKN Pusat, hanya berdasarkan surat edaran.”jelas kamal Ia menambahkan, bahwa pihaknya akan mengeluarkan pengumuman resmi apabila, BKN Pusat telah menginstruksikan ke seluruh daerah terkait tanggal pendaftaran.(idr)

Rincian Formasi CPNS Luwu Raya

Luwu:
Tenaga Kesehatan 37 Orang
Tenaga Pendidik 103 Orang
Tenaga Teknis 45 Orang

Palopo :
Tenaga Kesehatan 50 Orang
Tenaga Pendidik 43 Orang
Tenaga Teknis 41 Orang

Luwu Utara :
Tenaga Kesehatan 25 Orang
Tenaga Pendidik 95 Orang
Tenaga Teknis 31 Orang

Luwu Timur : 111 Orang

Tenaga Kesehatan Orang
Tenaga Pendidik Orang
Tenaga Teknis Orang

Pendaftaran Dibuka 11 November Melalui https://sscasn.bkn.go.id



Click to comment

Most Popular

To Top