Utama

Husler Dapat Restu Golkar

* Andi Ichi Menguat Berpaket

PALOPO — Setelah resmi mengusung Bupati Lutra, Indah Putri Indriani di pilkada Lutra 2020 mendatang, Partai Golkar juga resmi mengusung Bupati Lutim, HM Throriq Husler di Pilkada Lutim.

Dikatakan Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon DPD I Golkar Sulsel, Kadir Halid, diberikannya dukungan kepada HM Thorig Husler lantaran beliau juga Ketua DPD Golkar Luwu Timur, dan elektabilitas di atas calon lainnya, seperti Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam.

Meskipun bakal diprediksi head to head juga di Lutim seperti di Lutra.
Soal siapa yang akan menjadi pendamping Husler, mulai kencang diperbincangkan di masyarakat sosok mantan Anggota DPR RI, Andi Fauziah Pujiwatie Hatta.

Husler merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Luwu Timur. Pada pilkada lalu, Husler berpasangan dengan Irwan Bachri Syam. Namun, dalam perjalanan memimpin daerah penghasil nikel ini, Husler memilih memimpin Partai Golkar dan Irwan Bachri Syam memimpin Partai Nasdem.

Selama ini hubungan keduanya masih akur. Namun, partainya memerintahkan untuk maju sebagai calon bupati. Keduanya, akan bertarung di Pilkada 2020.

Andi Fauziah, politisi Golkar ini akrab disapa Andi Ichi. Ia adalah putri mantan Bupati Luwu Timur dua periode, Andi Hatta Marakarma.
Sebagai informasi, Andi Hatta kini menjadi anggota DPRD Sulsel hasil Pemilu 2019.

Sementara Husler adalah Bupati Luwu Timur (petahana) saat ini.
Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Abdillah Natsir mengatakan semua bakal calon berpeluang mendampingi Husler di Pilkada 2020.

Sebelumnya, Husler membeberkan calon wakilnya saat mengembalikan formulir pendaftaran sebagai calon bupati di DPD II Golkar Luwu Timur.

Golkar adalah partai politik (parpol) kedua yang dilamar Husler setelah PDIP yang terlebih dahulu membuka pendaftaran calon kepala daerah.
“Calon pendamping bisa dari parpol, bisa non parpol, bisa juga dari kalangan birokrat,” kata Husler.

Sebagai informasi, Golkar meraih tujuh kursi dari 30 kursi di DPRD Luwu Timur pada Pemilu 2019.
Jumlah kursi partai berlambang pohon beringin meningkat dibanding Pemilu 2014 yang hanya meraih enam kursi saja.

Sejumlah bakal calon lain sudah muncul dihadapan publik baik menjadi calon bupati maupun wakil bupati.
Seperti Ketua DPD Nasdem Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, pengusaha Jefrianto Kastiap Pobuti.

Ada juga Ketua DPC Demokrat Luwu Timur, Abdul Fattah, Ketua Gerindra Luwu Timur, Aris Situmorang, Ketua Himpunan Pengusaha Sorowako (HIPSO), Andi Baso Makmur.

Bakal calon ini sudah mendaftar di sejumlah partai politik.
Untuk bakal calon ingin maju sebagai bupati pada Pilkada 2020 Luwu Timur minimal mengantongi dukungan enam kursi dari total 30 kursi di DPRD Luwu Timur.

Sementara, khusus calon dari jalur perseorangan atau independen harus menyetor surat dukungan dan e-KTP 18 ribu.
Jumlah tersebut sama dengan 10 persen dari jumlah DPT Luwu Timur sebanyak 189.449.

Adapun DPT Luwu Timur hasil rekapitulasi daftar pemilih tatap hasil perbaikan (DPTHP-2) Pemilu 2019 sebanyak 189.449 orang. DPT terdiri dari 96.523 laki-laki dan 92.926 perempuan.(idr)



Click to comment

Most Popular

To Top