Luwu

Komisi III Bahas Tambang Padang Tuju

BELOPA—Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Luwu, Hasdir SH, Rabu (6/11) diruang rapat musyawarah memimpin rapat dengar pendapat (RDP) bersama pemerintah dan masyarakat desa Padang Tuju Kecamatan Bupon. RDP ini membahas keresahan warga terkait keberadaan perusahaan tambang galian C yang dinilai merusak lingkungan.

Hasdir mengatakan, segenap pemerintah dan masyarakat desa padang Tuju diminta untuk tenang dan kiranya memberikan kepercayaan kepada wakil rakyat untuk memfasilitasi permasalahan seputar keberadaan tambang galian C diwilayah mereka.

“Kami harap masyarakat tidak bertindak main hakim sendiri. Kita lakukan RDP ini memfasilitasi untuk mencari solusi. Kami akan turun ke lapangan meninjau lokasi tambang dan kami akan mempertanyakan ke pemerintah Propinsi Sulsel terkait ijinnya,” kata Hasdir.

Anggota komisi III DPRD Luwu, Sulaeman Ishak SP, mengatakan, dari berbagai paparan yang disampaikan oleh pemerintah dan masyarakat desa Padang Tuju terkait tambang galian C atas nama Nurlina tersebut, ada dua hal yang dikeluhkan warga, pertama terkait ijin usaha perusahaan, dan terkait soal dampak aktivitas tambang yang dinilai merusak lingkungan, mengingat area tambang sangat dekat dengan lokasi pemukiman warga.

Arifuddin, warga Desa Padang Tuju, mengatakan, sebagai warga dirinya ikut menolak aktivitas tambang galian C di desanya, karena merasa tertipu dengan ijin usaha sewaktu awal pengurusan.

“Saya dan banyak masyarakat Desa Padang Tuju merasa ditipu pak. Kami waktu itu diberikan format kertas kosong untuk membubuhkan tanda tangan oleh mantan kepala desa Padang Tuju, waktu itu alasannya untuk pembangunan bronjong agar tidak terjadi abrasi sungai. Tetapi ternyata tanda tangan warga ini digunakan untuk mengurus ijin usaha tambang ini. Bukannya memperbaiki lingkungan malah justru menambah kerusakan lingkungan di desa kami, ” kata Arifuddin.

Usaha tambang ini tertera milik Nurlina dengan Wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Nomor SK/Tanggal: 73/I.03/PTSP/2019.TGL: 24 Juli 2019. Komuditas/Jenis: Batuan/Sirtu, Luas IUP: 12.82 HA, Lokasi: Desa Padang Tuju, Kec. Bupon, Kab. Luwu, Kode Wilayah: 2 4 73 17 5 40 2019 73. (and/rul)



Click to comment

Most Popular

To Top