Metro

Penetapan Tatib-Alkep Lambat, Pembahasan APBD Molor

TOMPOTIKKA — DPRD Palopo masih difokuskan dua agenda penting. Lambatnya penetapan Perda Tata Tertib (Tatib) dan Alat Kelengkapan (Alkep) bisa mengancam molornya pembahasan APBD. Sementara, penetapan APBD 2020 wajib tuntas akhir November 2019.

Pantauan Palopo Pos menyebutkan, sejumlah anggota DPRD Palopo masih melaksanakan rapat terkait pembagian Alkep. Termasuk, beberapa diantaranya melaksanakan perbaikan peraturan tentang Tatib tersebut pasca konsultasi dengan pihak Biro Hukum, Pemprov Sulsel.

Selain itu, penyusunan keanggotaan Alkep DPRD ini masih terus menuai tarik ulur meskipun kesepakatan sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya terkait penempatan anggota DPRD pada setiap Alkep.
Wakil Ketua II, DPRD Palopo, Irvan ST mengatakan terkait penetapan Alkep tersebut sejumlah fraksi sudah menyerahkan nama-nama anggota mereka yang akan mengisi setiap Alkep.

“Tinggal Fraksi Nasdem yang belum serahkan. Namun, kemungkinan besar, besok (hari ini) ini sudah tuntas dengan begitu kita bisa sahkan,” kata Irvan di ruang kerjanya, Kamis 7 November 2019.
Sementara itu, keberadaan Tatib DPRD masih menyisakan beberapa tahapan yang dinilai tidak memakan waktu yang singkat dalam menetapkannya.

“Pansus baru sebatas konsultasi ke Biro hukum. Setelah itu akan dilakukan kembali evaluasi ke Biro Hukum Pemprov Sulsel,” katanya.
Melihat dua tugas itu dengan keberadaan waktu yang ada saat ini dinilainya akan semakin membuat beberapa agenda DPRD Palopo ke depen terbilang lamban seperti, reses dan pembahasan APBD.

“Kemungkinan penetapan APBD 2020 ini akan menyebrang ke Desember. Tentu ini juga akan mempengaruhi proses pembangunan,” tandas Irvan.(rul/rhm)



Click to comment

Most Popular

To Top