FEMALE

Emban Tugas Cegah Stunting

Reka Ansar, Amd.Kep
Juara I Putri Kesehatan Luwu Raya 2019

Dinas Kesehatan se Luwu Raya, baru-baru ini menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh 12 November 2019. Salah satu even yang digelar yakni pemilihan putri kesehatan yang diikuti instansi kesehatan se Tana Luwu.

***************

Kegiatan tersebut berlangsung di Merdeka Convention Hall (MCH) 16 November 2019 lalu. Ada 25 peserta yang tampil mewakili instansi masing-masing, ada dari puskesmas, RS serta instansi kesehatan lainnya se Luwu Raya.

Di malam penganugerahan Putri Kesehatan. Dengan berbagai pertimbangan serta penilaian, dewan juri akhirnya memutuskan Perawat asal RSU Mega Buana Palopo, Reka Ansar, Amd.Kep terpilih sebagai Putri Kesehatan Luwu Raya tahun 2019.

“Sebenarnya tidak menyangka, tapi Alhamdulillah berkat doa dan usaha serta bantuan teman-teman dan juga pimpinan RS Mega Buana, akhirnya dinobatkan sebagai Putri Kesehatan,” ujar Reka Ansar, Amd.Kep saat ditemui di RS Mega Buana Palopo, Jumat 22 November 2019 kemarin.

Dikatakan Reka, awal mengikuti pemilihan, dirinya tidak ada firasat akan meraih prestasi tertinggi di Pemilihan Putri Kesehatan Luwu Raya. Waktu itu ada undangan berpartisipasi dari panitia untuk RS Mega Buana.

“Pimpinan akhirnya menunjuk saya, Bapak dr Aslan, awalnya saya menolak, tapi karena ditunjuk pimpinan jadi pasrah saja wakili RS Mega Buana,” sebut gadis yang hobby berenang ini.

Setelah itu, kata dia, dirinya bersama para peserta mengikuti karantina selama dua hari, yakni tanggal 12 dan 13. Di hari pertama, peserta diberi kesempatan untruk orasi dengan berbagai materi yang disediakan oleh panitia tentunya didukung oleh pengetahuan peserta masing-masing.

“Untuk orasi saya pilih materi Stunting. Sementara di hari kedua, kami unjuk bakat masing-masing. kala itu, saya nyanyi solo sambil bermain alat musik gitar,” ungkap anak kelima dari tujuh bersaudara ini.

Setelah karantina, sampailah malam penganugerahan Putri Kesehatan Luwu Raya tahun 2019, di MCH, Sabtu Malam 16 November 2019. Pada malam grand final, dewan juri mengumumumkan 10 terbaik. Penilaian dilakukan melalui hasil orasi pada saat karantina lalu.

Setelah itu dikerucutkan menjadi enam besar, dari enam besar menjadi tiga besar.
Di tiga besar inilah, pihaknya adu intelegensi, dewan juri menyampaikan pertanyaan yang memang telah disediakan pada sebuah wadah yang disediakan yang dipilih olehnya. Kemudian dibacakan oleh dewan juri.

“Alhamdulillah, pada penilaian terakhir, saya terpilih sebagai Putri Kesehatan Luwu Raya 2019,” tukasnya.

Setelah terpilih sebagai Putri Kesehatan Luwu Raya tahun 2019 ini, dirinya mengemban tugas untuk membantu Dinas Kesehatan dalam melakukan penyuluhan kesehatan termasuk pemberantasan Stunting.
“Salah satunya bagaimana mengajak masyarakat mencegah terjadinya Stunting,” tutup Reka.(ich/idr)

DATA DIRI

Nama : Reka Ansar, Amd.Kep
TTL : Bua, 5 Juli 1995
Pendidikan : – SDN 66 Dangkang, Bua tahun 2008
– MTsN Bua tahun 2011
– SMA 1 Bua tahun 2014
– D3 Akper Kamanre tahun 2017
Orang Tua : – Ansar (Ayah)
– Hasna (Ibu)
Hobby : Berenang



Click to comment

Most Popular

To Top