Ekonomi

Harga Tomat Naik, Cabai Turun

PALOPO— Harga tomat pada dua pasar yakni Pusat Niaga Palopo (PNP) dan Pasar Andi Tadda (PAT) mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Sementara harga cabai turun.

Dari pantauan Palopo Pos, Minggu, 1 Desember 2019 kemarin, harga tomat melonjak hingga Rp15 ribu per kilogram (kg). Padahal dua pekan lalu, hanya Rp5 ribu. Ada kenaikan sekira 200 persen.

“Mahal sekalimi tomat bela. Saya kaget harganya begitu,” ungkap salah seorang pengunjung yang keluar dari pintu PNP saat ditanya Palopo Pos.

Menurut salah seorang pedagang penjualan, Benyamin, naiknya harga tomat mulai pada pertengahan November lalu. Hal itu akibat produksi yang terbilang sedikit. Bisa jadi karena faktor musim. “Maumi diapa na sudah begitumi harganya,” katanya.

Beda dengan tomat. Harga cabai justru mulai turun dibanding biasanya. Saat ini cabai pakai gagang sudah menyentuh harga Rp20 ribuan per kg. “Turun sekali dari biasanya, minggu lalu itu sampai Rp40 ribuan per kg,” jelas Hajrah, salah seorang pedagang lainnya di pasar tersebut.
Tidak hanya di PNP Palopo, namun perbuahan harga ini juga terjadi di Pasar Andi Tadda.

Sementara itu harga bawang merah berdasarkan pantauan Palopo Pos cenderung stabil dan terbilang terjangkau. Karena komoditi yang peka terhadap perubahan harga ini, sekarang sudah Rp35 ribuan per kg. Meski ada kenaikan dari Rp25 ribu namun disebutkan pedagang setempat masih terjangkau oleh masyarakat yang berbelanja kebutuhan sehari-hari untuk kebutuhan dapur. (ald/ikh)



Click to comment

Most Popular

To Top