Luwu

Kades Dituntut Miliki 3 Kecerdasan

*DPMD Gelar Pelatihan Peningkatan SDM

MAKSSAR-Seorang Kepala Desa menjadi ujung tombak pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Luwu. Untuk itu Bupati Luwu Drs H Basmin Mattayang sangat mengharapkan 207 Kepala Desa di Kabupaten Luwu harus memiliki tiga kecerdasan didalam dirinya, yaitu kecerdasan emosional, kecnerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual.

Harapan Bupati Luwu Basmin Mattayang ini diungkapkan saat membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepala Desa dan Perangkat Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Pembangunan Desa yang dilaksanakan di Hotel Aerotel Smile Makassar pada tanggal 29 November s/d 01 Desember 2019 lalu.

” Seorang kepala desa adalah ujung tombak proses pembangunan SDM di desanya masing-masing. Untuk itu seorang kepala desa harus jadi contoh bagi masyarakatnya. Agar dapat dijadikan contoh, seorang kepala desa harus memiliki 3 kecerdasan SDM dalam dirinya. Yaitu kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual, ” ungkap Basmin.

Basmin menjelaskan, Kades sebagai sosok pemimpin di desa harus memiliki emosi yang stabil, dimana hal ini modal penting untuk berhadapan degnan warga yang tidak memiliki karakter yang sama. Seorang kepala desa juga harus memiliki intelektual, memahami berbagai regulasi pemerintah desa serta aturan pengelolaan keuangan desa, serta harus memiliki kecerdasan spiritual.

” Dengan kecerdasan yang dimilikinya ini, saya berharap para kepala desa mampu memimpin desanya, mampu mempersatukan warganya, menghargai perbedaan dan tidak memiliki sentimen politik yang bisa merusak tatanan di desa. Saya sangat mengharapkan hal ini. Kalau tidak paham ilmu, belajarlah, kalau tidak tahu silakan bertanya kepada pakar atau orang yang lebih tahu. Jangan malu bertanya, ” Tutur Basmin

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Luwu, Masling Malik SE, M.Si, mengatakan, untuk mewujudkan harapan Bupati Luwu, Pihaknya memfasilitasi untuk peningkatan SDM Kades dan perangkat desa dengan melaksanakan pelatihan peningkatan SDM Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Pembangunan Desa, bekerjasama Pusat Studi dan Informasi Pemerintahan Daerah (Pusdipda).

“Penerapan Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa menghendaki otonomi seluas-luasnya dalam proses pemerintahan di desa berikut proses proses pemberdayaan masyarakat. Tugas Kades saat ini amat berat, mereka harus mengelola keuangan desa yang cukup besar dan harus mampu mempertanggung jawabkan secara administrasi. Agar SDM Kades bisa lebih baik, dan mampu merespon perkembangan jaman, kita memfasilitasi berbagai kegiatan pelatihan dan Bimbingan Teknis bagi para kepala desa, ” kata Masling. (and/rul)



Click to comment

Most Popular

To Top